Intip Perbedaan Jaklingko dan Mikrotrans pada Layanan Transportasi di Jakarta

Senin, 02 September 2024 - 16:15 WIB
loading...
Intip Perbedaan Jaklingko...
Perbedaan Jaklingko dan Mikrotrans mungkin jarang diketahui banyak orang. Karena itu, PT Transportasi Jakarta terus memberikan pemahaman masyarakat mengenai layanan transportasi publik di Jakarta. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Perbedaan Jaklingko dan Mikrotrans mungkin jarang diketahui banyak orang. Tidak heran banyak yang keliru mendefinisikan Jaklingko maupun Mikrotrans.

Karena itu, PT Transportasi Jakarta terus memberikan pemahaman masyarakat mengenai layanan transportasi publik di Jakarta. Hal ini untuk meluruskan kesalahpahaman di masyarakat mengenai perbedaan sistem transportasi terintegrasi Jaklingko dan layanan Mikrotrans.

Perbedaan Jaklingko dan Mikrotrans

Jaklingko

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan dan Humas PT Transportasi Jakarta Tjahjadi mengatakan, Jaklingko merupakan transportasi terintegrasi yang menjadi payung berbagai moda transportasi di Jakarta, termasuk Transjakarta, MRT, dan LRT.

“Sistem ini dirancang untuk mempermudah perpindahan antarmoda dengan sistem pembayaran terintegrasi yang tentunya memberikan kemudahan bagi mobilitas warga,” ujarnya, Senin (2/9/2024)

Mikrotrans

Mikrotrans merupakan salah satu moda dalam jaringan Jaklingko yang beroperasi sebagai angkutan perkotaan dengan menggunakan kendaraan kecil yang biasa disebut angkot.

Umumnya Mikrotrans melayani rute-rute pendek di area perumahan dan jalan sempit, meski berada dalam sistem Jaklingko.

“Mikrotrans memiliki peran spesifik sebagai angkot yang berbeda dari moda transportasi lain seperti bus Transjakarta atau MRT," kata Tjahjadi.

Mikrotrans dimanfaatkan untuk beraktivitas sehari-hari keluar rumah tanpa harus menggunakan kendaraan pribadi. Anak-anak sekolah di area perumahan juga dapat dengan aman menggunakan Mikrotrans untuk perjalanan harian.

“Mikrotrans juga bermanfaat bagi para pekerja yang tinggal di perumahan yang jauh dari jalur utama bus Transjakarta sehingga mereka dapat menjangkau halte Transjakarta atau Stasiun MRT terdekat dengan mudah. Hal ini meningkatkan efisiensi waktu dan kenyamanan terutama saat jam sibuk,” katanya.

Tentunya baik Jaklingko maupun Mikrotrans merupakan upaya Pemprov Jakarta dalam mengurangi kemacetan sekaligus mempromosikan penggunaan transportasi yang lebih efisien dan ramah lingkungan.
(jon)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1552 seconds (0.1#10.140)