Diresmikan Anies Baswedan, Ratusan Pesepeda Jajal Jalur Sepeda

Rabu, 09 Oktober 2019 - 08:06 WIB
Diresmikan Anies Baswedan, Ratusan Pesepeda Jajal Jalur Sepeda
Diresmikan Anies Baswedan, Ratusan Pesepeda Jajal Jalur Sepeda
A A A
JAKARTA - Komunitas sepeda menjajal jalur khusus sepeda yang telah diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beberapa waktu lalu. Harapannya, jalur sepeda bisa menjadi solusi mengatasi kemacetan di Ibu Kota.

The Premiere MTH hadir untuk menyelaraskan misi membangun DKI Jakarta menjadi tempat tinggal yang aman, nyaman dan bebas polusi. Jakarta sebagai kota metropolitan memiliki beban yang semakin bertambah seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduknya. Ditambah lagi dengan banyaknya penduduk berasal dari sekitaran Jakarta yang mencari nafkah disini.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, Ride and Charity adalah kegiatan kolaborasi bersepeda mencoba lajur sepeda yang sudah direncanakan oleh Pemprov DKI Jakarta. Tes jalur itu dilakukan oleh komunitas sepeda.

"ITDP, B2W dan ACP-LRT City, dimulai dari LRT City MT Haryono-The premiere MTH kemudian akan menyusuri jalur sepeda yang direncanakan pihak pemerintah DKI Jakarta dan kembali ke LRT City MT Haryono-The Premiere MTH," kata Syafrin di Jakarta, kemarin.

Dia menambahkan, nantinya pelebaran jalur sepeda dan jalur pedestrian direncanakan akan seperti di Jalan Sudirman-Thamrin dan akan melalui sepanjang Jalan MT Haryono pada tahun 2020. Dengan penambahakn jalur itu, dia berharap, pesepeda makin nyaman beraktivitas di Jakarta.

"Dengan adanya jalur tersebut akan menambah kenyamanan bagi pejalan kaki dan pesepeda ditambah jalur tersebut terintegrasi dengan transportasi publik," terang Syafrin.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan, selain bersepeda dan melakukan kegiatan sosial acara ini merupakan bentuk kolaborasi antar komunitas sepeda. Hal ini juga sebagai sosialisasi program pemerintah daerah.

"Bersepeda juga memberikan informasi bahwa pemerintah DKI sedang menggalakan implementasi jalur-jalur sepeda di Jakarta," ujarnya.

Sementara itu, Project Director LRT City MT Haryono-The Premiere MTH Aan Susanto mengatakan, event ini tidak hanya menghadirkan acara bersepeda saja. Setelah para peserta mencapai garis finish, peserta dihibur dengan beragam acara seperti menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pentas seni yang bawakan oleh teman-teman dari YPAC.

"Acara ini meriah sekali, karena dihadiri sekitar 700 pesepeda yang tersebar dari berbagai komunitas sepeda, pemerintahan dan mitra kerja. Di sini peserta dapat memilih untuk rute antara 40 km dan 74 km yang sejatinya diambil dari Semangat Kemerdekaan RI ke 74," kata Aan.

Selain bersepeda, kata dia, ada juga lelang lukisan dari Artis Nirina Zubir dan M Fadli yang hasilnya 100% disumbangkan langsung ke Yayasan Penyandang Anak Cacat (YPAC) untuk bantuan medis maupun edukatif. Dia juga mengatakan, acara ini sebagai dukungan penuh kepada Pemprov DKI Jakarta.

"LRT City MT Haryono menggagas acara ini untuk menugumpulkan seluruh komunitas pesepeda yang ada dijakarta dari Komunitas Road Bike, Seli maupun MTB di satu lokasi. Sekaligus jadi kesan pertama kita nyobain jalur sepeda baru di Jakarta " terang Nirina selebritis yang hobi bersepeda.

"Ride and Charity ini memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk berkontribusi dalam acara ini, salah satunya saya yang dapat membuktikan bahwa kekurangan fisik bukanlah menjadi penghalang untuk berkarya", ucap M Fadli.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8300 seconds (0.1#10.140)