Dharma-Kun Maju Pilgub Jakarta, Jimly: Jangan Jadikan Sebuah Ketakutan

Rabu, 28 Agustus 2024 - 21:50 WIB
loading...
Dharma-Kun Maju Pilgub...
Bakal pasangan cagub-cawagub Jakarta jalur independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie buka suara mengenai bakal pasangan cagub-cawagub Jakarta jalur independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto. Jimly mengajak semua pihak agar tidak khawatir dengan kehadiran Dharma-Kun sebagai pasangan calon melalui jalur perseorangan.

Sebab, kata Jimly, keberadaan calon independen ini sejak 2005 untuk menghindari adanya kotak kosong. “Jangan menjadikan sebuah ketakutan dengan adanya calon independen, nanti juga masyarakat yang akan menentukan pilihannya. Sangat bagus karena sejak 2005 calon ini menjadi keputusan MK untuk menghindari adanya kotak kosong,” ujar Jimly dihubungi wartawan, Rabu (28/8/2024).

Dia berpendapat, hal itu merupakan ranah penyelenggara pemilu untuk melakukan verifikasi apakah memenuhi syarat atau tidak memenuhi persyaratan. “Kalau itu hal biasa, karena nanti KPU bisa melakukan verifikasi. Seperti parpol saja, pasti akan dilakukan verifikasi juga kan,” kata Jimly.



Maka itu, Jimly menegaskan bahwa soal adanya temuan dugaan pencatutan KTP warga Jakarta untuk dukungan pasangan calon independen ini merupakan ranah dari KPU DKI Jakarta, bukan ranah pidana. “Ini hanya masalah administrasi saja, dilakukan verifikasi oleh KPU dan Bawaslu nantinya,” tutur mantan Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) ini.

Jimly melihat kehadiran Dharma-Kun ini bagus untuk ikut Pilkada DKI Jakarta 2024. Sebab, kata dia, masyarakat diberi kesempatan untuk memilih kandidat yang tidak diusung dari partai politik.

“Saya melihat calon independen ini sangat bagus, hal ini untuk memberikan kesempatan untuk masyarakat dari luar nonparpol,” pungkas Anggota DPD RI periode 2019-2024 ini.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0982 seconds (0.1#10.140)