alexametrics

Bangun Jalur Pedestrian, Ratusan PKL di Suryakancana Bogor Ditertibkan

loading...
Bangun Jalur Pedestrian, Ratusan PKL di Suryakancana Bogor Ditertibkan
Sejumlah petugas Satpol PP Kota Bogor melakukan penertiban PKL dalam rangka penataan kawasan Suryakencana.Foto/SINDOnews/Haryudi
A+ A-
BOGOR - Sebanyak 170 pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Bata, Kawasan Suryakancana, Bogor Tengah, Kota Bogor, kembali ditertibkan pada Jumat (20/9/2019). Penertiban itu dalam rangka penataan Kawasan Suryakancana tahap dua.

Dalam penataan ini tak hanya jalur pedestrian yang direvitalisasi tetapi mencakup juga Pasar Bogor dan sekitarnya. Sehingga diperlukan adanya penertiban PKL dan bangunan liar di sepanjang Jalan Bata, Roda dan Suryakancana.

Puluhan personel Satpol PP Kota Bogor, Dinas Perhubungan, TNI/Polri dan jajaran PD Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor diturunkan dalam penertiban para pedagang dan parkir. "Rencananya jalan tersebut juga segera difungsikan menjadi pusat kuliner malam," ungkap Kepala Satpol PP Kota Bogor Heri Karnadi, Jumat siang.



Heri menuturkan, penertiban Jalan Bata menjadi rangkaian penataan fisik jalan Suryakancana yang sudah direncanakan sejak dua tahun lalu. Namun baru bisa dimulai sekarang mengingat pekerjaan utama revitalisasi jalur pedestrian sebelah kiri segera dikerjakan.

"Akan berubah secara fisik, yang tadinya digunakan pedagang basah dan sayur akan diubah menjadi pusat kuliner malam hari termasuk tujuh gang di sepanjang Surken," tuturnya.

Heri melanjutkan, Jalan Bata dipastikan kosong dari pedagang dan parkir. Sebab, dari beberapa minggu lalu Pemkot sudah melakukan sosialisasi kepada para pedagang melalui tiga sampai empat kali pertemuan."Sehingga diputuskan pedagang yang berjualan pada siang hari, dipindah ke bawah terowongan Plaza Bogor Jalan Roda, sedangkan parkir motor dipindah ke atas balkon Pasar Bogor," katanya.

Sedangkan pedagang yang malam, lanjut dia, dipindah ke sebelah Klenteng. "Kita sudah siapkan tempatnya, tinggal pindah. Hari ini pembersihan, hari berikutnya mulai penggalian, drop alat berat. Ini penanda juga bahwa ada pembangunan karena target pembangunan pusat kuliner rampung Desember mendatang," imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utama PD PPJ Muzakkir menuturkan, jumlah pedagang yang yang ditertibkan sebanyak 170 itu terdiri dari 56 pedagang siang dan 114 pedagang malam yang sudah direlokasi dengan lancar. "Karena semua pedagang menerima dengan baik relokasi ini. Saat ini juga sedang dilakukan penataan lantai tiga Pasar Bogor yang nantinya akan menjadi lokasi pemindahan para pedagang," tuturnya.

Terkait penempatan di lantai tiga, bukan tanpa alasan. Sebab berdekatan dengan tempat parkir, sehingga memudahkan penjual dan pembeli. "Target selesainya sekitar tiga bulan lagi karena program penataan ini sudah direncanakan dari lama," ucapnya.
(thm,whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak