3 Potret Menarik Demo Tolak RUU Pilkada di DPR yang Bikin Semangat dan Hati Terenyuh

Jum'at, 23 Agustus 2024 - 11:33 WIB
loading...
3 Potret Menarik Demo...
Aksi demo tolak RUU Pilkada di DPR, Jakarta, Kamis (22/8/2024), menyisakan banyak cerita menarik. Salah satu yang menarik perhatian adalah Reza Rahadian. Dia menyampaikan Indonesia bukan milik keluarga tertentu. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Aksi demo tolak RUU Pilkada di DPR, Jakarta, Kamis (22/8/2024), menyisakan banyak cerita menarik. Bukan hanya dari peserta demo, namun juga kalangan lain yang secara kebetulan terlibat.

Aksi demo dilakukan untuk memprotes keputusan Badan Legislasi (Baleg) DPR yang menganulir putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait syarat pencalonan kepala daerah. Namun, akhirnya DPR membatalkan pengesahan RUU Pilkada dan aturan Pilkada 2024 tetap memakai putusan MK.



Berikut ini sejumlah potret menarik yang terjadi saat demo tolak RUU Pilkada.

Kejadian Menarik saat Demo Tolak RUU Pilkada

1. Pedagang Asongan Bagikan Dagangan Gratis

Salah satu momen menarik dalam aksi demo menolak RUU Pilkada terjadi ketika seorang pedagang asongan mendadak membagikan makanan yang dijualnya kepada para pendemo. Tak tanggung-tanggung, dia memberikannya secara gratis.

Momen ini viral di media sosial dan mendapat banyak tanggapan dari warganet. Awalnya pedagang asongan itu ingin memanfaatkan momen demo untuk mengais rezeki dengan menjajakan dagangannya.

Namun, pedagang tersebut mengurungkan niat jualan setelah melihat semangat para pendemo yang meluapkan aspirasinya. Semangat bapak penjual asongan itu seakan ikut terbakar sehingga memutuskan membagikan dagangannya secara gratis.

Momen ini direkam salah satu pendemo lalu diunggah di akun Twitter alias X @GunRomli. “Penjual asongan ini membagikan makanan jualannya ke peserta aksi. Semoga diperbanyak rezekinya Pak,” tulis keterangan dalam postingan akun tersebut.

Pada video yang beredar itu, pedagang asongan menjajakan makanan yang dijual sambil berteriak gratis, gratis sehingga memancing perhatian pendemo. Sejumlah pendemo lantas merapat dan mengambil makanan yang dibawa bapak tersebut.

2. Driver Ojol Gratiskan Biaya Layanan

Kisah menarik lain datang dari seorang driver ojek online (ojol). Pada momen demo tolak RUU Pilkada, dia memberikan tumpangan gratis kepada penumpang yang hendak menuju Gedung DPR saat aksi unjuk rasa berlangsung.

Pengalaman tersebut dibagikan akun X @JhonSitorus_18 yang mengungkapkan rasa kagumnya terhadap driver ojol tersebut. Melalui unggahannya, pemilik akun menceritakan bahwa dia awalnya berniat menuju Gedung DPR ketika unjuk rasa tolak RUU Pilkada berlangsung.

Namun, ketika hendak membayar ongkos ojek, driver menolak menerima bayaran. "Gue ga kenal bapak ini siapa, tapi dia ga mau terima ongkos ojek gue pas otw Gedung DPR RI meskipun gue paksa-paksa," tulis Jhon Sitorus dalam caption unggahannya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0904 seconds (0.1#10.140)