Lolos Jadi Cagub Independen Jakarta, Dharma Pongrekun: Kami Bukan Setingan

Kamis, 15 Agustus 2024 - 22:12 WIB
loading...
Lolos Jadi Cagub Independen...
Pasangan Dharma Pongrekun dan Kun Wardana memberikan keterangan kepada wartawan di Kantor KPU DKI Jakarta, Kamis (15/8/2024). FOTO/MPI/RIYAN RIZKI ROSHALI
A A A
JAKARTA - Pasangan Dharma Pongrekun dan Kun Wardana dinyatakan memenuhi syarat dukungan dan bisa mendaftar Pilkada Jakarta 2024 lewat jalur independen. Dharma membantah dirinya bisa ikut Pilkada lantaran setingan.

Dharma mengatakan, KPU bersama Bawaslu bekerja secara profesional dengan ketentuan yang berlaku.

"Jadi saya perlu menjelaskan ini supaya jangan ada anggapan bahwa itu adalah bagian daripada setingan KPU. Sama sekali tidak. KPU betul-betul bersama Bawaslu melakukan dengan profesional berdasarkan aturan undang-undang,” kata Dharma kepada wartawan di Kantor KPU DKI Jakarta, Kamis (15/8/2024).



Dharma menegaskan, pasangan jalur independen di Pilkada Jakarta bukanlah rekayasa atau setingan. Menurutnya, ia tak mengetahui apa yang akan terjadi di Pilkada Jakarta mendatang.

"Kami bukanlah by design, kami bukanlah setting-an, tidak. Kami pun tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di depan. Jadi dari awal Februari kami mulai bekerja dan mulai Mei kami mendaftarkan diri. Sampai detik ini kami betul-betul berjalan bersama rakyat dan tidak ada siapa pun di belakang kami," ujarnya.

Sebelumnya, KPU menyatakan pasangan Dharma Pongrekun dan Kun Wardana lolos verifikasi faktual kedua syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan gubernur dan calon wakil gubernur Provinsi DKI Jakarta. Kepala Divisi Teknis KPU DKI Jakarta, Dody Wijaya menyebutkan, pasangan independen tersebut meraih 677.468 dukungan.

"Maka total bakal pasangan calon di hasil rekapitulasi akhir data yang memenuhi syarat 677.468 data dan melebihi syarat dukungan minimal 618.968 dukungan," kata Dody kepada wartawan, Kamis (15/8/2024).



Dody menjelaskan, untuk data dukungan verifikasi faktual ke-2 yang diserahkan sebanyak 826.766 dukungan. Untuk data yang memenuhi syarat sebesar 494.467 dukungan dan 332.299 dukungan yang tidak memenuhi syarat.

"Sehingga jika ditotal dengan data yang memenuhi syarat di verifikasi faktual ke-1 sejumlah 183.001 data dukung, maka total bakal pasangan calon di hasil rekapitulasi akhir data yang memenuhi syarat 677.468," kata Dody.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1510 seconds (0.1#10.140)