alexametrics

BMKG Prediksi Jakarta Masih Masuk Kategori Bercurah Hujan Rendah

loading...
BMKG Prediksi Jakarta Masih Masuk Kategori Bercurah Hujan Rendah
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Dalam sepuluh hari kedepan, Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi kalau curah hujan di Jakarta masih rendah. BMKG memperkirakan bahwa curah hujan tinggi terjadi di Papua bagian tengah.

Kabag Humas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Taufan Maulana mengatakan, pada umumnya curah hujan yang turun pada 10 hari lalu berada dalam kriteria rendah (< 50 mm/dasarian) hampir sebesar 80%. Sementara untuk kriteria menengah (50-150 mm/dasarian) sebesar 20%.
"Untuk 10 hari kedepan, 66% wilayah diprakirakan masih akan mendapat curah hujan kategori rendah (0-50 mm/das), yaitu Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Bengkulu, Banten, termasuk DKI Jakarta," urai Taufan saat dihubungi SINDOnews, Senin (2/9/2019).

Kondisi serupa juga terjadi di beberapa wilayah seperti sebagian besar Pulau Jawa dan Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, sebagian Kalimantan Selatan, Maluku, Sulawesi Tenggara, dan Papua bagian Selatan.



Ia menambahkan, sementara untuk wilayah sebagian Sumatera Utara, Kalimantan Utara, dan papua bagian Tengah diprakirakaan 33% mengalami hujan kategori menengah (50-150 mm/das). Hanya ada 1% curah hujan dengan kategori tinggi (150-300 mm/das) berpeluang terjadi di Papua bagian Tengah.

Adapun beberapa wilayah yang mengalami curah hujan sangat rendah (<20 mm/das) akan berpeluang terjadi di Riau, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Bengkulu, Banten, DKI Jakarta, Sebagian besar Pulau Jawa dan Bali.

Curah hujan yang sama juga berpeluang terjadi di Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, sebagian Kalimantan Selatan, dan sebagian Kalimantan Barat, Maluku, Sulawesi Tenggara, sebagian Sulawesi Utara, dan Papua bagian Selatan.

"Sementara peluang untuk curah hujan tinggi (>150) mm/das) terjadi di Papua bagian Tengah," ujarnya.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak