Komunitas Peduli Lingkungan Apresiasi Pembebasan Lahan RTH di Jakarta

Rabu, 28 Agustus 2019 - 04:32 WIB
Komunitas Peduli Lingkungan Apresiasi Pembebasan Lahan RTH di Jakarta
Komunitas Peduli Lingkungan Apresiasi Pembebasan Lahan RTH di Jakarta
A A A
JAKARTA - Ketua Komunitas Pemuda Jakarta Peduli Lingkungan (KPJPL) Amri Zikri mengapresiasi langkah Dinas Kehutanan DKI yang menyerahkan anggaran membebaskan lahan untuk dijadikan ruang terbuka hijau (RTH).

"Saat ini hanya 9,98% saja yang telah menjadi RTH maka itu, pembebasan lahan ini sangat penting. Kami mengapresiasi kinerja Dinas Kehutanan dan UPT Pengadaan Tanah yang bekerja sangat maksimal dalam proses pembebasan," ujar Amri di Jakarta, Selasa (27/8/2019).

Diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menganggarkan dana Rp1 triliun untuk pengadaan lahan RTH dalam APBD 2019. Kegiatan itu dianggarkan dalam pos Dinas Kehutanan DKI Jakarta.

Amri menyebut, jalur hijau di Jakarta yang merupakan RTH banyak beralih fungsi. Karena itu, sedang digencarkan pembebasan lahannya oleh Dinas Kehutanan.

Pembebasan lahan ini merupakan satu dari sekian banyak opsi untuk menambah RTH. Dengan memanfaatkan kawasan yang belum diolah, sejatinya bisa membuat perluasan RTH semakin bertambah.

"Dinas Kehutanan ini juga masih punya PR lain, bukan hanya membebaskan lahan, tapi yang paling penting bisa menyiapkan road map-nya untuk menghadirkan RTH menjadi taman-taman yang bisa digunakan masyarakat DKI Jakarta. Jadi bukan hanya sekadar bebaskan lahan yang tidak memilik fungsi untuk masyarakat. Gubernur Anies Baswedan punya konsep Maju Kotanya, Bahagia Warganya, itu harus dihadirkan dengan taman yang menarik untuk warga," kata Amri.

Amri menambahkan, Jakarta bisa mencontoh Singapura dalam pengelolahan RTH menjadi taman-taman yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Pengelolaan RTH ini juga bisa digunakan untuk menjadikan taman-taman yang akan dibangun menjadi ikon DKI Jakarta dan menjadi daya tarik wisata. Dan juga terkoneksi dengan moda transportasi," pungkas Amri.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9501 seconds (0.1#10.140)