alexametrics

Terapkan Teknologi FIFO, Kakorlantas Polri Resmikan Gerai SIM Bekasi

loading...
Terapkan Teknologi FIFO, Kakorlantas Polri Resmikan Gerai SIM Bekasi
Kepala Korlantas Polri Irjen Refdi Andri saat akan meresmikan Satpas dan Gerai SIM di Bekasi, Kamis (22/8/2019). Foto/SINDOnews/Abdullah M Surjaya
A+ A-
BEKASI - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri meresmikan kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) dan Gerai Surat Izin Mengemudi (SIM) di Komplek Perkantoran Pemerintahan Kabupaten Bekasi, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi. Kantor pelayanan baru ini menjadi yang pertama dan percontohan di Indonesia.

Selain Satpas SIM dibangun modern, pelayanan dilakukan profesional dengan petugas yang ramah serta fasilitas lengkap dan modern dengan teknologi FIFO (First in First out) Integrated System. Sehingga, pelayanan SIM di kantor Satpas ini dilakukan secara transparan dan cepat untuk warga di Bekasi.

”Ini menjadi percontohan di Indonesia, FIFO Integrated System atau sistem antrean first in first out terintergrasi akan menunjang Satpas dalam melayani masyarakat (para pemohon SIM),” ujar Kepala Korlantas Polri Irjen Refdi Andri kepada wartawan usai meresmikan gerai Satpas SIM di Kabupaten Bekasi, Kamis (22/8/2019).



Menurutnya, pihaknya telah memberikan layanan pembuatan SIM secara online di seluruh Indonesia. Untuk mendukung sistem online, Korlantas Polri juga telah membangun sejumlah Satpas di seluruh Indonesia. Hanya saja, yang paling lengkap dan modern dengan menggunakan teknologi ada di Kabupaten Bekasi.

”Dengan pembangunan kantor Satpas yang didukung teknologi FIFO Integrated System ini, masyarakat diharapkan mendapatkan pelayanan yang lebih baik. Pelayanan dimaksud adalah para pemohon SIM merasa lebih nyaman, teratur, tertib, transparan, dan bebas pungli. Dan saya pastikan itu,” katanya.

Refdi menjelaskan, dengan sistem ini, seluruh informasi seperti jumlah pemohon SIM yang hadir, pemohon yang lulus dan tidak, serta jumlah Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) akan diketahui secara langsung. Sebab, data peserta terkoneksi dalam sistem online pelayanan terpadu di Satpas SIM pusat di Korlantas Polri.

”Satpas Polres Metro Bekasi tercatat dalam rekor MURI, karena Satpas pertama yang menggunakan FIFO Integrated System,” ungkapnya.

Selain meresmikan kantor Satpas, Korlantas juga meluncurkan Smart SIM. Kartu ini tidak hanya berfungsi sebagai kartu Izin mengemudi, tapi juga sebagai kartu multi-fungsi seperti halnya kartu e-money.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak