Bangun Alun-alun Terintegrasi Stasiun Bogor, Pemkot Bongkar Taman Topi

Kamis, 04 Juli 2019 - 05:12 WIB
Bangun Alun-alun Terintegrasi Stasiun Bogor, Pemkot Bongkar Taman Topi
Bangun Alun-alun Terintegrasi Stasiun Bogor, Pemkot Bongkar Taman Topi
A A A
BOGOR - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan melakukan penataan kawasan di dua lokasi, yaitu di Taman Ade Irma Suryani (Taman Topi) dan Pasar Bogor, Bogor Tengah, Kota Bogor, pada 2020 mendatang. Taman Topi akan diubah menjadi kawasan alun-alun yang terintegrasi dengan Stasiun Bogor dan Masjid Agung.Sementara kawasan Pasar Bogor akan ditata mulai dari pedestrian terlebih dahulu. "Kontrak (Taman Topi) selesai Desember tahun ini. Nanti akan dibangun taman senilai Rp18 miliar yang terintegrasi dengan masjid," ungkap Wali Kota Bogor Bima Arya saat meninjau di pedestrian Suryakencana pada Rabu, 3 Juli 2019 kemarin.

Bima menuturkan, pembangunan taman menggunakan dana hibah dari Provinsi Jawa Barat. Konsep taman tersebut akan seperti alun-alun yang terintegrasi dengan masjid. Ke depan, tak hanya terintegrasi dengan masjid namun akan terhubung dengan Stasiun Bogor.

"Nanti juga terintegrasi dengan PT KAI. Mereka masih konsolidasi, butuh waktu dua bulan. Konsepnya tidak ada basement. Bentuknya selayaknya alun alun. PKL yang di sana sudah diatur mana yang masuk ke blok F, Nyi Raja Permas dan lain-lain," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Aset Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bogor, Agus Gunawan menjelaskan, masa kontrak PT Eksotika selaku pengelola Taman Topi telah habis pada 20 Desember 2018. Saat ini aset tanah dan bangunan tenant di kawasan Taman Ade Irma Suryani sudah kembali dikelola Pemkot Bogor

Agus melanjutkan, meski saat ini pihak pengelola masih melakukan operasional namun nantinya Taman Topi akan dihilangkan untuk dibangun alun-alun."Luas tanahnya itu 1,7 hektare, iya nanti mungkin akan diambil alih dan akan dibangun taman. Semuanya sudah diserahkan ke kita, tanah sama bangunannya." ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1505 seconds (0.1#10.140)