alexametrics

DKI Akan Resmikan Ribuan Unit Rusun, Harga Sewa Rp1,5 Juta Per Bulan

loading...
DKI Akan Resmikan Ribuan Unit Rusun, Harga Sewa Rp1,5 Juta Per Bulan
Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta akan meresmikan 9.430 unit hunian Rumah Susun (Rusun) pada Agustus 2019 mendatang. Rumah susun yang dibuka untuk umum dengan tarif sewa Rp1,5 Juta per bulan.

Kepala Bidang Pembinaan dan Peran Serta Masyarakat Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Melly Budiastuti mengatakan, saat ini pihaknya tengah meminta jadwal Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk meresmikan 9.430 unit Rusun, diantaranya yaitu 524 unit Rusun KS Tubun.

Rusun KS tubun sendiri diketahui sempat mangkrak selama dua tahun sejak selesai dibangun pada 2017 lalu. "Semua unit berstatus sewa yang peruntukannya untuk masyarakat umum," kata Meli saat dihubungi, Senin (24/6/2019).



Meli menjelaskan, para calon penghuni unit rusun yang akan mendapatkan kunci saat peresmian tentunya harus melewati verifikasi, yakni perihal Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) serta Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) mengenai kepemilikan kendaraan roda empat juga kepemilikan rumah.

Calon penghuni rusun itu, lanjut Meli akan membayar tarif unit rusun sesuai peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 55 Tahun 2018 juncto Pergub Nomor 29 Tahun 2019, rusun itu diprioritaskan bagi masyarakat umum. Pergub itu menyebutkan tarif sewa khusus masyarakat berpenghasilan Rp4,5 hingga Rp7 juta per bulan sebesar Rp1,5 juta.

"Saat peresmian nanti, calon penghuni langsung menerima kunci. Kami sudah sosialisasikan," ungkapnya.

Selain untuk masyrakat umum, kata Meli, ada warga Rusunawa Penjaringan sebanyak 600 kartu keluarga yang direlokasi ke Rusunawa Rawabuaya lantaran 10 blok bangunan lama di Rusunawa Penjaringan akan direvitalisasi.

"Kita akan tempatkan di sana. Sudah disosilisasikan sudah didata dan sudah dilakukan verifikasi mereka paling lambat 7 Juli sudah ke Rusunawa ke Rawabuaya. Kan kalau peresmian hanya simbolis saja, tapi karena untuk melakukan pembongkaran bangunnan kan harus lebih awal. Makanya ada kekhususan disitu," ungkapnya.

Berikut 12 rusun yang akan diresmikan:

- Rusun BLK Pasar Rebo sebanyak 346 unit.
- Rusun Nagrak sebanyak 3.570 unit.
- Rusun Rorotan sebanyak 1.020 unit.
- Rusun Semper sebanyak 233 unit.
- Rusun K.S Tubun sebanyak 524 unit.
- Rusun Rawa Buaya sebanyak 778 unit.
- Rusun Pulogebang Penggilingan sebanyak 636 unit.
- Rusun Penggilingan sebanyak 1.530 unit.
- Rusun Pulogebang sebanyak 255 unit.
- Rusun Rawa Bebek sebanyak 255 unit.
- Rusun Pengadegan sebanyak 188 unit.
- Rusun Tegal Alur sebanyak 95 unit.
(ysw)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak