alexametrics

Arus Mudik 2019, Kereta Luxury Diperbantukan untuk Angkutan Lebaran

loading...
Arus Mudik 2019, Kereta Luxury Diperbantukan untuk Angkutan Lebaran
Foto: Ilustrasi/Okezone
A+ A-
JAKARTA - Terbatasnya jumlah perjalanan angkutan lebaran 2019 membuat PT KAI menambah jumlah rangkaian perjalanan. Cara ini untuk memaksimalkan angkutan lebaran.

Karena itu tak hayal pada musim lebaran 2019 lalu, Daop 1 PT KAI sempat mencoba standformasi 14 pada sejumlah kereta, yakni KA Kertajaya, KA Gumarang, dan KA Tawang Jaya. Selain memperpanjang gerbong ekonomi dan eksekutif, PT KAI juga mencoba menggunakan gerbong wisata dan Luxury atau sleeper.

“Dua gerbong itu membantu peningkatan penumpang,” kata Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro di Aula Jakarta Rail Centre (JRC), Jakarta Pusat, Rabu (19/6/2019).



Edi memaparkan untuk di tahun ini saja, pihaknya menambah kereta sleeper atau dikenal kereta luxury 2. Artinya pada musim mudik 2019, ada dua kereta sleeper yang di operasikan.

“Kalo Luxury 2 dioperasikan mulai 26 Mei 2019,” jelasnya sembari mengatakan harga tiket ini cukup mahal dibandingkan gerbong ekonomi dan eksekutif.

Untuk penumpang, Edi membandingkan dengan angkutan 2018 lalu. Pada angkutan lebaran 2019 selama 22 hari, Edi mencatat ka Luxury 1 mengangkut 1.686 atau 106,4 persen. Sedangkan untuk Luxury 2 mengakut 4.690 atau 81,9 persen per kereta.

Luxury 1 sendiri dirangkaikan dengan menggunakan KA Argo Bromo Anggrek jurusan Gambir - Surabaya Pasar Turi. Sementara untuk Luxury 2 dirangkaian KA Argo Lawu jurusan Gambir - Solo Balapan, KA Argo Dwipangga jurusan Gambir - Solo Balapan, KA Taksaka jurusan Gambir - Yogyakarta, dan KA Gajayana jurusan Gambir - Malang.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak