Wapres Resmikan Tol Cimanggis-Cibitung, Tol JORR 2 Tersambung Penuh

Selasa, 09 Juli 2024 - 16:54 WIB
loading...
Wapres Resmikan Tol...
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin resmikan Tol Cimanggis-Cibitung, Selasa (9/7/2024). FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin resmikan Tol Cimanggis-Cibitung , Selasa (9/7/2024). Dengan peresmian tersebut, jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 yakni, Jalan Tol Cengkareng-Kunciran, Kunciran-Serpong, Serpong-Cinere, Cinere-Jagorawi, dan Cibitung-Cilincing akan tersambung penuh.

"Kita bersyukur Jalan Tol Cimanggis–Cibitung yang dibangun pengerjaan konstruksinya sejak tahun 2016 akhirnya telah selesai dan siap beroperasi. Jalan tol sepanjang 26,18 kilometer, dengan total investasi sebesar Rp4,5 triliun ini merupakan bagian dari JORR 2 yang melengkapi jaringan jalan bebas hambatan di kawasan Jabodetabek,” ujar Wapres dalam sambutannya.

Wapres mengatakan keberadaan jalan tol Cimanggis-Cibitung diharapkan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Cimanggis ke Cibitung menjadi sekitar hanya 30 sampai 45 menit, dari sebelumnya yang menempuh 1 sampai 2 jam melalui jalan arteri.



"Konektivitas antarkawasan di wilayah Jakarta dan sekitarnya diharapkan dapat meningkat dengan terintegrasinya Jalan Tol Cimanggis–Cibitung dengan jaringan jalan tol di kawasan Jabodetabek," kata Wapres.

Jalan tol Cimanggis-Cibutung, kata Wapres, juga akan mendorong efisiensi dan efektivitas kegiatan ekonomi di kawasan ini, yang nantinya akan menyumbang pembangunan ekonomi kawasan dan nasional.

Ma'ruf Amin menyampaikan beberapa pesan untuk dapat menjadi perhatian bersama. Pertama, pastikan keberadaan Jalan Tol Cimanggis–Cibitung memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat.

"Tingkatkan pembangunan infrastruktur pendukung lainnya dengan lengkap, seperti peningkatan akses dan kualitas jalan yang terhubung langsung dengan jalan tol, serta fasilitas transportasi publik yang lebih baik," katanya.

Ia juga meminta agar ditingkatkan kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan, termasuk pemerintah daerah dan sektor swasta, serta masyarakat untuk memastikan tersedianya akses yang lebih baik ke pusat-pusat ekonomi, pendidikan, dan layanan kesehatan. Hal ini penting demi peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1906 seconds (0.1#10.140)