alexametrics

Tiket Kereta Api Tujuan Jawa Ludes, Travel Gelap Kebanjiran Penumpang

loading...
Tiket Kereta Api Tujuan Jawa Ludes, Travel Gelap Kebanjiran Penumpang
Pada musim mudik Lebaran 2019, perjalanan travel dari Jakarta ke sejumlah kota-kota besar di Pulau Jawa mengalami peningkatan tajam. Foto: KORAN SINDO/Yan Yusuf
A+ A-
JAKARTA - Pada hari tarakhir Libur Lebaran, Minggu (9/6/2019), puluhan ribu warga hilir mudik keluar masuk Jakarta melalui Stasiun Pasar Senen. Bahkan, banyak calon penumpang tujuan Jawan yang tidak kebagian tiket kereta api.

Beberapa pemudik yang tidak kebagian tiket kereta api akhirnya memanfaatkan jasa travel gelap alias tidak resmi yang terlihat di sejumlah sudut Stasiun Pasar Senen. Kondisi ini tak cukup sulit mengingat beberapa penyedia jasa secara terbuka menawarkan diri di lorong-lorong stasiun.

“Yang habis tiket, travel Yogya, Semarang, Solo, sini sini,” ucap Andi (35), salah satu penyedia jasa travel saat ditemui di Stasiun Pasar Senen.



Andi mengungkapkan, sekali pengangkutan ke Semarang pihaknya mematok harga Rp250 ribu per orang, sementara ke Yogyakarta seharga Rp255 ribu per orang.

Andi mengakui harga itu meningkat dari tarif normal yang biasa ia tawarkan di bawah Rp200 ribu per orang. Beberapa mobil keluarga, seperti APV, Xenia, Avanza, dan Ertiga telah ia siapkan. Bila penumpang agak banyak, ia menyiapkan model Elf.

“Mau turun di Cirebon, Tegal, atau Purwokerto, tarifnya sama aja mas,” kata Andi saat disinggung harga tiket travel ke Cirebon.

Menurut Andi, pada musim mudik Lebaran perjalanan travel ke sejumlah kota-kota besar di Pulau Jawa mengalami peningkatan tajam. Bila biasanya hanya 1-2 kali perjalanan sehari, sejak H-7 Andi bisa memberangkatkan puluhan orang dengan 4-6 perjalanan per harinya.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak