Kerjasama dengan Masyarakat, DKI Gelar Buka Puasa Bersama di 242 RT

Selasa, 14 Mei 2019 - 18:29 WIB
Kerjasama dengan Masyarakat, DKI Gelar Buka Puasa Bersama di 242 RT
Kerjasama dengan Masyarakat, DKI Gelar Buka Puasa Bersama di 242 RT
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menginisiasi kegiatan pelaksanaan Buka Puasa Bersama pada Ramadhan tahun ini. Acara bersama masyarakat kurang mampu di masjid-masjid ini berlokasi di 242 Rukun Tetangga (RT).

Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat, antara lain BAZNAS BAZIS Provinsi DKI Jakarta, Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT), Yayasan Dompet Dhuafa Republika (DDR), dan Yayasan Rumah Zakat.

"Alhamdulillah hari ini kita kembali menjalankan kegiatan buka bersama Jakarta Bahagia. Di kerja sama kali ini ada unsur pemerintah, lalu unsur masyarakat, baik dari Dompet Dhuafa, Aksi Cepat Tanggap, dan juga Rumah Zakat. Serta, sekarang komponen BAZNAS BAZIS juga ikut terlibat, dan kita akan menyelenggarakan di 242 RT di seluruh Jakarta kegiatan buka bersama," ujar Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Objek perjanjian kerjasama ini berupa penyediaan konsumsi sebanyak seratus paket per RT seharga Rp25 ribu/paket, minimal selama lima hari pada masing-masing RT, dalam kurun waktu 15-27 Mei 2019. Pelaksanaan dapat lebih dari kima hari apabila semakin banyak donasi/sumbangan yang masuk dari elemen masyarakat.

Untuk itu, Anies pun mengajak warga Jakarta untuk ikut berpartisipasi dalam memfasilitasi makanan berbuka puasa bagi masyarakat yang kurang mampu. "Kami berharap lewat lembaga-lembaga ini, untuk ikut memfasilitasi bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan makanan berbuka puasa," katanya.

Pelaksanaan kegiatan Buka Puasa Bersama ini turut mendapatkan dana dukungan dari BAZNAS BAZIS Provinsi DKI Jakarta. Dalam acara ini, dilakukan penyerahan secara simbolis dana dukungan dari BAZNAS BAZIS DKI Jakarta senilai Rp1 miliar. "Dari sisi Pemprov, lewat BAZNAS BAZIS menyalurkan satu miliar rupiah," tutur Anies.

Adapun lokasi pelaksanaan Buka Puasa Bersama yang dilaksanakan sebagai berikut:

1. Yayasan Aksi Cepat Tanggap :
- 28 RT di Kota Administrasi Jakarta Timur
- 50 RT Kota Administrasi Jakarta Utara.
- 4 RT di Pulau Panggang, Kabupaten Administrasi Kepulauan
Seribu

2. Yayasan Dompet Dhuafa Republika :
- 72 RT Kota Administrasi Jakarta Barat
- 4 RT di Pulau Pari, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

3. Rumah Zakat :
- 30 RT Di Kota Administrasi Jakarta Selatan
- 48 RT di Kota Administrasi Jakarta Pusat
- 6 RT di Pulau Kelapa, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3752 seconds (0.1#10.140)