alexametrics

Ini Penyebab Lambatnya Rekapitulasi Suara KPU Jakarta Timur

loading...
Ini Penyebab Lambatnya Rekapitulasi Suara KPU Jakarta Timur
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Timur hingga kini belum menyelesaikan perhitungan rekapitulasi suara. Keterlambatan ini disebabkan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang sedikit dan harus berjibaku penandatanganan berkas untuk Pemilu Serentak 2019.

"Kan berkasnya lumayan tebal tuh, kemudian penyiapan kotak, itu kan kotaknya banyak, ada 11 kotak kali berapa kebutuhan kelurahan kan gitu," kata Kasubbag Teknis dan Humas KPU Jakarta Timur Sigit Surono saat dihubungi SINDOnews, Selasa (14/5/2019).

Selanjutnya, Sigit menuturkan, penyebab lain dari ngaretnya rekapitulasi suara di Jakarta Timur disebabkan oleh keterbatasan tenaga.



"Artinya, mereka tidak bisa kerja selama 24 jam, pastinya butuh istirahat juga kan gitu, itu yang menyebabkan molor," kata Sigit lagi. (Baca juga: KPU Jakarta Timur Targetkan Rekapitulasi Suara Selesai 10 Mei)

Meski demikian, dia menargetkan sore ini rekapitulasi suara Pemilu 2019 akan selesai sore ini. Kemudian, kata dia, hal itu akan dilaporkan ke KPU DKI Jakarta yang tengah merekapitulasi di Hotel Bidakara, Jakarta.

"Target itu sore ini, sudah selesai, tinggal 3 kecamatan lagi, itu kecamatan yang besar-besar TPS nya, Cakung sekitar 1.400 TPS, Duren Sawit sekitar 1.100 TPS dan Pulo Gadung sekitar 800 TPS," kata Sigit.

Sementara itu, Ketua Komisioner KPU DKI Jakarta, Nurdin mengaku, pihaknya masih menunggu data dari KPU Jakarta Timur. "Kita masih menunggu nih kotak (data) dari Jakarta Timur," ujarnya di Jakarta, Senin 13 Mei 2019.

Dia menambahkan, data rekapitulasi wilayah lainnya sudah masuk antara lain Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Kepulauan Seribu, Jakarta Barat, Jakarta Utara. Hanya Jakarta Timur yang belum.

"Jakarta Utara sudah semalam masuk," tambahnya. (Baca juga: Rapat Pleno, KPU DKI Tinggal Rampungkan Penghitungan di Jakut dan Jaktim)
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak