KPU Jakarta Timur Targetkan Rekapitulasi Suara Selesai 10 Mei

Rabu, 08 Mei 2019 - 23:03 WIB
KPU Jakarta Timur Targetkan Rekapitulasi Suara Selesai 10 Mei
KPU Jakarta Timur Targetkan Rekapitulasi Suara Selesai 10 Mei
A A A
JAKARTA - Meski baru dua kecamatan yang dinyatakan lolo ke tingkat kota, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Timur optimistis rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 akan selesai Jumat 10 Mei mendatang. Dua kecamatan itu adalah Kecamatan Matraman dan Ciracas.

"Target kita sampai lusa, lusa harga mati. Nanti kita rekapitulasi simultan, jadi dari PPK (Pemungutan Suara Kecamatan) jalan, di tingkat kota juga. Tapi di tingkat PPK sudah sangat menggembirakan kabarnya," kata Ketua KPU Jakarta Timur Wage Wardana di Jakarta, Rabu (8/5/2019).

Setelah Kecamatan Ciracas dan Matraman, kata dia, rekapitulasi yang ditunda hingga pukul 20.30 WIB akan berlanjut ke Kecamatan Pasar Rebo. Wage mengaku optimis karena Cakung yang jadi kecamatan dengan jumlah TPS-nya terbanyak di Indonesia kini sudah mencapai tahap 90 persen dan ditarget selesai hari ini.

"Tinggal satu kecamatan yang kita lagi push, Duren Sawit. Hanya Duren Sawit saja yang kita perhatikan khusus, yang lainnya sesuai dengan rencana. Hingga kini masih 60 persen," ujarnya.

Target rekapitulasi tingkat Kota Jakarta Timur berakhir pada Jumat 10 Mei 2019 berdasarkan hasil koordinasi KPU Jakarta Timur dengan KPU Provinsi DKI Jakarta.

Di tingkat rekapitulasi kecamatan, Wage menyebut kendala terbesar yang dialami yakni banyaknya jumlah TPS sehingga membuat anggota PPK, PPS, saksi, dan pengawas kelabakan.

"Kita mendapat SE (surat edaran) nomor 781 dari KPU DKI terkait hal itu. Kendala rekapitulasi ini cuman satu, karena kami TPS-nya luar biasa banyak, jadi memerlukan waktu lebih dibanding yang lain itu saja," tuturnya.

Sekadar informasi, KPU RI menetapkan tenggat rekapitulasi suara tingkat Provinsi beres pada Minggu 12 Mei 2019 sebelum berlanjut ke tingkat nasional dan akhirnya beres pada Rabu 22 Mei 2019.

Jakarta Timur memiliki jumlah TPS kurang lebih 8.206. Sementara itu, Kecamatan Cakung merupakan wilayah yang paling jumlah TPS-nya se-Indonesia, yakni sebanyak 1.461.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5253 seconds (0.1#10.140)