Banjir Kiriman Hantui Jakarta, Anies Berharap Solusi pada 2 Bendungan

Jum'at, 26 April 2019 - 20:40 WIB
Banjir Kiriman Hantui Jakarta, Anies Berharap Solusi pada 2 Bendungan
Banjir Kiriman Hantui Jakarta, Anies Berharap Solusi pada 2 Bendungan
A A A
JAKARTA - Banjir melanda sejumlah wilayah di Jakarta, Jumat (26/4/2019). Banjir ini akibat meluapnya Sungai Ciliwung imbas air kiriman dari Bendung Katulampa, Bogor.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan, banjir yang hari ini menggenangi wilayah Ibu Kota merupakan kiriman dari hulu (Bogor).

"Di tempat itu (Jakarta) tidak ada hujan sebetulnya. Kita ini menerima air dari hulu ketika di sana (Bogor) hujannya keras," ujar Anies di Jakarta, Jumat (26/4/2019).

Menurut Anies, untuk mengantisipasi banjir semacam ini terus terjadi, pemerintah tengah membangun dua bendungan di kawasan Sukamahi dan Ciawi, Kabupaten Bogor.

Kedua bendungan tersebut bertipe kering (dry dam), dimana pada musim kemarau akan kering dan baru akan digenangi saat musim hujan. Kedua bendungan ini memiliki daya tampung 8,13 juta meter kubik air dan berfungsi menahan aliran permukaan yang berasal dari daerah hulu.

Dengan pembangunan dua bendungan itu, lanjut Anies, maka datangnya air ke Jakarta tidak melimpah seperti saat ini, meskipun intensitas hujan di Bogor tinggi.

"Karena itulah yang dikerjakan, membangun dry dum di hulu. Ada 2 bendungan yang sekarang dibangun. Kalau bendungan itu selesai tahun ini, maka bila terjadi hujan deras di daerah Ciawi, Bogor, airnya bisa ditahan," tutur Anies.

Anies menuturkan, targetnya dua bendungan ini akan rampung pada bulan Desember tahun ini. Dengan keberadaan dua bendungan itu diharapkan aliran air dari Bogor dapat tertaham.

"Saat ini, sebelum itu selesai, air masih begitu saja datang. Karena itu, titik-titiknya yang biasanya kena itu, limpahan air dari hulu, padahal kan Jakarta, ya hujan tapi tidak ada hujan yang luar biasa di sini. Ini adalah contoh situasi banjir karena kiriman dari Selatan," tutupnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4801 seconds (0.1#10.140)