Jamin Keamanan, 38 Ribu Personel Gabungan Akan Jaga TPS di Jakarta

Minggu, 14 April 2019 - 15:06 WIB
Jamin Keamanan, 38 Ribu Personel Gabungan Akan Jaga TPS di Jakarta
Jamin Keamanan, 38 Ribu Personel Gabungan Akan Jaga TPS di Jakarta
A A A
JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia (TNI) bersama Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggelar apel patroli skala besar di Jakarta Internasional Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (14/4/2019). Apel ini dipimpin langsung oleh Pangdam Jaya Mayjen Eko Margiyono dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono mengatakan apel skala besar TNI dan Polri digelar dalam rangka menjamin keamanan masyarakat datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada saat Pemilu 17 April mendatang. Dan nantinya, kata Gatot, akan ada 38 ribu personel gabungan TNI dan Polri yang dikerahkan demi mengamankan pesta demokrasi tersebut.

"Jumlahnya 38 ribu personel yang terdiri dari 23 ribu personel Polri kemudian 15 ribu personel TNI," ujar Gatot di JI-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (14/4/2019).

Gatot menjelaskan, hingga kini memasuki masa tenang Pemilu tidak ada peningkatan status kerawanan di daerah hukum Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya yang meliputi Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi dan sebagian Tangerang.

Namun, Gatot, menyebutkan telah memetakan beberapa titik TPS menjadi beberapa kategori yakni aman, rawan, sangat rawan dan khusus.

“Hingga hari ini kami tidak meningkatkan status, jadi kondisi masih aman dan kami selalu mengantisipasi dengan berpatroli gabungan di area yang berpotensi timbul kerawanan,” jelasnya.

Sementara itu, Eko Margiyono menambahkan selain melakukan pengamanan di TPS, TNI dan Polri juga turut mengamankan beberapa objek vital. Seperti Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

"Kita sudah susun yang sudah kita tempatkan supaya juga memberikan keamanan buat kita semuanya termasuk di beberapa tempat kita akan melaksanakan patroli bersama dengan pihak kepolisian," tutup Eko.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6051 seconds (0.1#10.140)