alexametrics

Diduga Korsleting Listrik, Belasan Rumah dan Motor Terbakar

loading...
Diduga Korsleting Listrik, Belasan Rumah dan Motor Terbakar
Foto/Ilsutrasi/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Belasan rumah di Jalan Mampang Prapatan Gang Haji Marzuki RT 006/001, Jakarta Selatan, ludes dilalap si jago merah. Kebakaran itu terjadi Minggu (31/3/2019) sekitar pukul 00.05 WIB.

Camat Mampang Prapatan Nasrudin mengatakan, api diduga berasal dari salah satu rumah warga. Dari hasil keterangan saksi di TKP api berasal dari lantai dua rumah bapak Wiryono.

"Ada dugaan dari korsleting listrik," katanya saat dikonfirmasi wartawan di Jakarta, Minggu (31/3/2019).



Nasrudin melanjutkan, rumah-rumah tersebut merupakan rumah kontrakan. "Sekitar14 unit rumah kontrakan ludes terbakar, habis. Ketika di lapangan aksesnya agak sulit tapi bisa dipadamkan," jelasnya.

Sementara itu tiga unit sepeda motor turut dilalap si jago merah. Menurut Perwira Piket Kasektor V Kecamatan Cilandak Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan Slamet, pihaknya mengerahkan belasan unit mobil pemadam untuk memadamkan api.

"Sebanyak 22 mobil pemadam dikerahkan untuk memadamkan api. Membutuhkan waktu berjam-jam untuk memadamkannya. Sekitar pukul 00.45 WIB, api berhasil padam. Kemudian kita lakukan pendinginan," tegasnya.

Di tempat terpisah, toko material Gunung Jaya terbakar. Salah satu karyawan Sutanto menjelaskan, dirinya mengetahui saat pembeli teriak ada kobaran api di tokonya.

Si jago merah itu dengan sekejap membesar hingga memberangus ruangan lantai atas hingga ke lantai dasar bangunan. Sutanto sempat mencoba memadamkan dengan alat pemadam ringan (apar) yang tersedia di lokasi.

Namun, bukannya kobaran api menjadi jinak malahan kian membesar. "Ketika api mulai membesar saya langsung menggunakan apar untuk memadamkannya. Tapi api malah membesar dan berbalik ke arah saya. Saya panik karena ternyata api telah membesar di ruangan atas," katanya.

Toko Material yang terletak di Jalan Ampera Raya RT 001 RW 004, Jakarta Selatan. Beruntung, warga yang turut terjun ke lapangan segera melaporkan kejadian itu kepada petugas damkar.

Menurut Perwira Piket Kasi Sektor IX Kecamatan Pasar Minggu Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan Moch Arief kebakaran di toko material ini termasuk besar.

"Ini termasuk kategori kebakaran yang besar. Kita berangkatkan 14 unit dengan 80 petugas pemadam," katanya.

Moch Arief melanjutkan pemadam kebakaran sempat mengalami kendala lantaran bangunan toko yang rentan terbakar.

"Kendalanya itu karena sekitar toko mudah terbakar seperti, kayu, tripleks dan kaso sehingga api dengan mudahnya memberangus itu. Beruntung meski agak lama akhirnya anggota kami bisa meredam api," bebernya.

Dugaan kuat api berasal dari aliran arus pendek di dalam toko material itu.

"Kemungkinan besar dari kortsleting listrik. Kalau kerugian kita belum tahu, ya. Kalau dilihat hampir sebagian besar bangunan dilalap api. Yang jelas tidak ada korban jiwa saat kebakaran itu," tukasnya.
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak