alexametrics

Hadiri Maulid Nabi, Habib Syech Semarakkan Ponpes Nurul Muhtadin Srengseng

loading...
Hadiri Maulid Nabi, Habib Syech Semarakkan Ponpes Nurul Muhtadin Srengseng
Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf (kiri) saat mengumandangkan salawat didampingi pimpinan Ponpes Nurul Muhtadin Srengseng Habib Alwi Al-Habsyi. Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Peringatan Maulid Nabi 1440 Hijriyah yang digelar Pondok Pesantren (Ponpes) Eksklusif Nurul Muhtadin Ba'alawy, Kelurahan Srengseng, Jakarta Barat, Sabtu malam (16/3/2019) berlangsung khidmat dan semarak.

Ribuan jamaah membanjiri kawasan Srengseng, Kembangan, Jakbar, sembari mengumandangkan salawat dan doa bersama. Maulid Nabi kali ini dihadiri Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf dari Solo dan para habaib lainnya. Sejak pukul 18.00 WIB sore, jamaah dari berbagai daerah Jakarta sudah meramaikan lokasi, padahal acara baru dibuka selepas salat Isya pukul 20.00 Wib.

Maulid Nabi ini tergolong istimewa karena bebas atribut partai maupun organisasi kemasyarakatan (ormas). Pimpinan Ponpes Eksklusif Nurul Muhtadin Al-Habib Alwi bin Abdurrahman Al-Habsyi dan Majelis Zawiyaturrasul sebagai pelaksananya sengaja mengemas Maulid Nabi dengan ceramah khusus para santri muda berprestasi. (Baca Juga: Teladani Spirit Nabi Muhammad untuk Jaga Keutuhan Negara)
Hadiri Maulid Nabi, Habib Syech Semarakkan Ponpes Nurul Muhtadin Srengseng




Tanpa ormas dan atribut partai, Maulid Nabi ini berlangsung khusyuk dihadiri oleh para ulama, habaib, asatidz (para ustaz) dan pejabat pemerintahan.



Ketua RW 08 Kelurahan Srengseng Haji Muhammad Zaini sebagai penanggung jawab acara Maulid Nabi mengatakan, dukungan semua pihak termasuk warga Srengseng sangat membantu lancarnya acara maulid tersebut. Suasana Maulid Nabi semakin hidup karena jamaah bisa mendengar dan melihat langsung lantunan salawat yang dikumandangkan Habib Syech.




Salah satu santri Ponpes Nurul Muhtadin, Sayyid Muhammad Al-Haddad mendapat panggung untuk menyampaikan ceramah singkatnya dalam bahasa Arab. Dalam tausiyahnya, Sayyid Muhammad mengajak seluruh jamaah untuk terus menghidupkan sunnah Nabi dan salawat. Dia memuji Nabi Muhammad SAW dengan keagungan akhlak dan kemuliaan adabnya patut ditiru oleh umatnya.


Hadiri Maulid Nabi, Habib Syech Semarakkan Ponpes Nurul Muhtadin Srengseng



Santri lainnya Muhammad Hidayat dalam ceramahnya mengatakan, orang yang memperingati hari kelahiran Rasulullah SAW adalah orang yang paling beruntung. Sebab tidak ada hari yang paling agung dan mulia melainkan hari lahirnya Nabi Muhammad SAW. Rasulullah SAW sendiri merayakan hari lahirnya dengan berpuasa pada hari Senin.

"Ketika ditanya sahabat, Nabi berkata bahwa hari ini adalah hari kelahiranku. Beliau berpuasa pada hari Senin sebagai bentuk rasa syukur beliau telah dilahirkan," kata Muhammad Hidayat. (Baca Juga: Marawis Satgas Yonkomposit TNI Hibur Warga Sudan)


Sementara Habib Muhammad Nuh bin Alwi Al-Habsyi mengatakan, untuk mendapat keridhoan Allah, seorang muslim dapat meraihnya dengan ilmu. Sebab, keutamaan ilmu sangatlah besar karena ia memudahkan seseorang masuk surga.

"Rasulullah SAW pernah bersabda, aku adalah kotanya ilmu dan Sayyidina Ali adalah pintunya. Karena itu saya ingin mengajak semua hadirin yang punya ilmu semoga mengamalkannya dan mengajarkannya. Mudah mudahan kita semua dimudahkan menuju syurganya Allah," katanya.

Untuk diketahui, Ponpes Exclusive Nurul Muhtadin adalah pesantren eksklusif yang berdiri tahun 2018 dengan fasilitas yang lengkap. Ponpes ini berlandaskan ahlus sunnah wal jama'ah dengan menanamkan kepada santri didik kami 5 pondasi dasar yaitu Ilmu, amal, khouf, waro' dan ikhlas.

Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan santri Nurul Muhtadin Ba’alawy adalah mengikuti kegiatan bersama Majelis Rasulullah SAW seperti tabligh akbar, peringatan maulid, isra' mikraj. Para guru di ponpes ini menerapkan metode pengajaran yang baik dan efektif dipimpin langsung pengasuhnya yaitu Habib Alwi bin Abdurrahman Al-Habsyi.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak