TBF Yakin Noer Fajrieansyah Masih Memiliki Kans Maju Pilkada Jakarta 2024

Rabu, 22 Mei 2024 - 22:16 WIB
loading...
TBF Yakin Noer Fajrieansyah Masih Memiliki Kans Maju Pilkada Jakarta 2024
Temen Bang Fajrie (TBF) yakin Noer Fajrieansyah masih memiliki kans maju dalam Pilkada Jakarta 2024. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Temen Bang Fajrie (TBF) yakin Noer Fajrieansyah masih memiliki kans maju dalam Pilkada Jakarta 2024. TBF mencontohkan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Anies Baswedan pada Pilkada Jakarta 2012 dan 2017.

Koordinator TBF Rachmat Ariyanto mengungkapkan bahwa Jokowi berhasil memenangkan Pilkada Jakarta 2012 sekalipun kekuatan politik justru lebih berpihak kepada pesaingnya, Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli (Foke-Nara). Apalagi, modal awal cuma elektabilitas sebesar 5%.

"Pilkada 2017, Anies Baswedan popularitasnya cuma 10%. Banyak faktornya, (seperti) bukan kader parpol, pernah jabat menteri dan di-reshuffle, dan proses politiknya mengantarkan Anies berpasangan dengan Sandiaga Uno. Lawannya enggak main-main, Ahok. Semua variabel kekuasaan ada di Ahok, tapi warga DKI memilih Anies," ujarnya saat bersilaturahmi dengan keluarga besar kader dan alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jakarta Selatan, Rabu (22/5/2024) malam.



Hal tersebut yang membuat kelompok relawan Fajrie berkeyakinan jagoannya masih memiliki kesempatan sekalipun gagal mendaftar pada kesempatan pertama atau melalui jalur independen. Apalagi, nama-namanya kandidat yang masuk radar calon gubernur (cagub) Jakarta memiliki popularitas dan elektabilitas yang dominan.

Kemudian, preferensi politik masyarakat Jakarta cukup unik karena tidak kuat pada blok politik tertentu. Misalnya, perolehan suara Anies di Jakarta pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 tidak dominan, begitu juga dengan Ganjar Pranowo, yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

"PDIP yang katanya (punya kursi) DPRD-nya banyak, Ganjar enggak menang juga. Artinya, masyarakat Jakarta unik," ungkapnya.

Dia mengungkapkan, Fajrie punya sejumlah keunggulan dibandingkan bakal kandidat lainnya. Misalnya, memiliki kompetensi memimpin dan manajerial karena berkali-kali dipercaya menjadi komisaris dan direksi badan usaha milik negara (BUMN).

Selanjutnya, dapat merawat perkawanan dan silaturahmi dengan aktivis lintas generasi. Fajrie juga berdarah Betawi. Bahkan, dipercaya menjadi Bendahara Umum GP Ansor 2024-2029. "Saya yakin Fajrie punya kemampuan itu (memimpin Jakarta, red)," ucapnya.

TBF saat ini sedang memperjuangkan langkah terakhir atau diusung parpol agar bisa menjadi calon gubernur (cagub) pada Pilkada Jakarta 2024. Parpol atau gabungannya dapat mengajukan pasangan cagub dan calon wakil gubernur (cawagub) jika memiliki 22 kursi DPRD Jakarta.

Relawan Fajrie pun tengah membangun silaturahmi dengan keluarga besar HMI, yang diawali di Jakarta Selatan. Langkah ini untuk membangun kekuatan sekaligus memperkenalkan figurnya.

"Saya hari ini mewakili Temen Bang Fajrie berterima kasih atas sambutan teman-teman. Alhamdulillah. Ini infus baru bagi kami," pungkasnya.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1060 seconds (0.1#10.140)
pixels