Deretan Satuan Kewilayahan di Kodam Jaya

Jum'at, 10 Mei 2024 - 18:08 WIB
loading...
Deretan Satuan Kewilayahan di Kodam Jaya
Kodam Jaya merupakan komando kewilayahan pertahanan militer yang meliputi wilayah Provinsi DKI Jakarta. Foto: kodamjaya-tniad.mil.id
A A A
JAKARTA - Kodam Jaya merupakan komando kewilayahan pertahanan militer yang meliputi Provinsi DKI Jakarta. Melihat riwayatnya, Kodam Jaya memiliki sejarah panjang dalam pembentukannya.

Dikutip dari kodamjaya-tniad.mil.id, sejarahnya bisa ditelusuri sejak 24 Desember 1949 tepatnya ketika penyerahan kekuasaan dari pemerintahan Belanda kepada Republik Indonesia yang diawali penandatanganan berbagai dokumen peralihan atas wilayah Jakarta Raya dari tangan Co Batavia En Ommelanden kepada basis Co Jakarta Raya.



Saat ini, Kodam Jaya dipimpin Mayjen TNI Mohamad Hasan sebagai Pangdam Jaya. Hasan menjabat Pangdam Jaya sejak Maret 2023 menggantikan Mayjen TNI Untung Budiharto.

Demi mewujudkan pelaksanaan tugas pokok menciptakan stabilitas keamanan di wilayah Ibu Kota, Kodam Jaya memiliki satuan-satuan pelaksana. Salah satunya adalah Satuan Kewilayahan.

Satuan Wilayah di Kodam Jaya

Satuan kewilayahan di Kodam Jaya terdiri atas 2 Korem yang berbeda. Masing-masing adalah Korem 051/Wijayakarta dan Korem 052/Wijayakrama.

1. Korem 051/Wijayakarta

Korem 051/Wijayakarta menjadi salah satu Korem yang berada di bawah komando Kodam Jaya. Korem 051/WKT adalah Komando Pelaksana Kodam Jaya yang bersifat kewilayahan dan menjadi Sub Kompartemen Strategis.

Tugas pokoknya menyelenggarakan pembinaan kesiapan operasional komando, pembinaan teritorial dan menyelenggarakan operasi pertahanan keamanan sesuai Renhan Kodam Jaya hingga pelayanan bantuan administrasi terhadap Satuan/Badan/Komando yang berada di dalamnya. Kemudian, mereka juga menyelenggarakan fungsi kegarnisunan TNI di Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bekasi, dan Depok.

Wilayah teritorialnya meliputi 5 Kodim yaitu:
a. Kodim 0504/Jakarta Selatan
b. Kodim 0505/Jakarta Timur
c. Kodim 0507/Kota Bekasi
d. Kodim 0508/Depok
e. Kodim 0509/Kabupaten Bekasi

2. Korem 052/Wijayakrama

Korem 052/WKM merupakan Komando Pelaksana Kodam Jaya yang bersifat kewilayahan dan dapat merupakan Sub Kompartemen Strategis. Tugas pokoknya menyelenggarakan operasi pertahanan keamanan sesuai Renhankam Kodam Jaya, serta pelayanan bantuan administrasi terhadap Satuan/Badan/Komando yang berada di dalamnya.

Kemudian, mereka juga menyelenggarakan fungsi kegarnisunan TNI di Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Tangerang. Wilayahnya meliputi 4 Kodim yaitu:
a. Kodim 0502/Jakarta Utara
b. Kodim 0503/Jakarta Barat
c. Kodim 0506/Tangerang
d. Kodim 0510/Tigaraksa

Selain 2 Korem, Kodam Jaya juga memiliki 1 Kodim yang langsung berada di bawah komandonya yakni Kodim 0501/Jakarta Pusat. Markasnya berada di Jalan Selaparang Blok B 11 Kav I, Kota Baru, Kelurahan Gunung Sahari Selatan, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1610 seconds (0.1#10.140)