alexametrics

Polda Metro Jaya Soft Launching Millennial Road Safety Festival

loading...
Polda Metro Jaya Soft Launching Millennial Road Safety Festival
Polda Metro Jaya Soft Launching Millennial Road Safety Festival untuk menekan angka kecelakaan yang banyak terjadi pada remaja. Foto: dok/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Angka kecelakaan di Jakarta masih cukup tinggi dan sayangnya, rata-rata orang yang terlibat kecelakaan, baik korban maupun pelaku masih diusia produktif, yakni usia 17-35 tahun. Maka itu, guna meminimalisir angka kecelakaan, khususnya di usia produktif, polisi menggelar Millennial Road Safety Festival.

Kasi STNK Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Arif Fazrulrrahman mengatakan, kegiatan Millennial Road Safety Festival merupakan kampanye keselamatan berlalu lintas, yang secara spesifik ditujukan pada kelompok millennial yang berusia 17-35 tahun. Kampanye keselamatan itu diharapkan punya dampak positif bagi masyarakat, khususnya dari segi keselamatan.

"Kegiatan ini diangkat dari latar belakang kelompok di usai produktif merupakan generasi potensial yang punya masa depan cerah, disisi lain merupakan penyumbang kecelakaan tertinggi dengan fatalitas kecelakaan yang tinggi pula," ujarnya pada wartawan, Sabtu (19/1/2019).



Maka itu, kata dia, Polda Metro Jaya yang lokasinya berada di pusat negara Indonesia, khususnya Ditlantas bertanggung jawab menyukseskan kampanye keselamatan tersebut. Salah satu caranya dengan melaksanakan kegiatan Millennial Road Safety Festival yang digelar pada 20 Januari 2019 esok, pukul 06.00-10.00 WIB di Bunderan HI, Menteng, Jakarta Pusat.

"Jadi kegiatannya saat Car Free Day, hanya saja kegiatan tersebut masih dalam bentuk launching, kick off, atau pemanasan, artinya kita sosialisasi. Pada Millennial Road Safety Festival itu akan ada sejumlah acara," tuturnya.

Adapun acaranya, dialog lintas millennial dengan para kelompok millennial, khususnya pelajar dan mahasiswa, lomba road safety creative design, lomba mural milenial road safety, lomba jingle, parody, dan video pesan millennial road safety, fun rally, lomba fotografi keselamatan berlalu lintas, lomba blogger keselamatan berlalu lintas, road safety challenge, launching aplikasi Augmented Reality yang bisa scanning e-toll, selebgram road safety endorsement.

Selain itu, ada juga turing lintas millennial, kontes duta millennial, kontes road safety dance, dan Road Safety Expo, hanya saja kegiatan itu dilakukan pada saat peresmian nanti, yakni pada 2 Februari 2019 mendatang dan terus berjalan hingga 31 Maret 2019 mendatang.

"Sebagai bocoran, kita undang pelajar dan mahasiswa dari berbagai perguruan, ada juga 31 artis dan selebgram yang akan diendors untuk mengedukasi kelompok millennial itu soal keselamatan berkendara, contoh Boy william, lalu pembalap Rifat Sungkar yang juga sebagai praktisi, ada band juga dari RAN, dan dance taki-taki," katanya.

Sekedar diketahui, kejadian laka lantas di tahun 2018 di seluruh Indonesia ada 107 ribu lebih kejadian laka lantas, dengan jumlah korban luka ringan 129 ribu lebih, korban luka berat 13 ribu lebih, dan korban meninggal 29 ribu lebih serta rata-rata korban terbanyak di usia 17-35 tahun.

Maka itu, Korlantas Polri menggelar kegiatan Millennial Road Safety Festival di 34 provinsi se-Indonesia untuk menyadarkan dan mengedukasi kaum milenial dalam berlalu lintas. Secara resmi, kegiatan itu digelar sejak 2 Februari-31 Maret 2019 mendatang, yang mana 34 Polda se-Indonesia melakukannya pula secara serentak, salah satunya Polda Metro Jaya.

Ada beberapa rangkaian acara utama di dalamnya, mulai dari kegiatan jalan sehat, enterpreneur expo, safety riding, dan deklarasi pelopor keselamatan berlalu lintas. Adapun puncak acaranya bakal digelar di Monas, Gambir, Jakarta Pusat pada 31 Maret 2019 mendatang dan rencananya dibuka langsung oleh Presiden RI.

Tujuan digelarnya kegiatan Millennial Road Safety Festival diantaranya membangun budaya tertib berlalu lintas, khususnya di kalangan generasi millennial dan meningkatkan kualitas keselamatan di jalan serta menurunkan tingkat fatalitas korban laka.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak