Anies Apresiasi Petugas Kebersihan: Di Saat Kita Tidur, Mereka Bekerja

Selasa, 01 Januari 2019 - 23:58 WIB
Anies Apresiasi Petugas Kebersihan: Di Saat Kita Tidur, Mereka Bekerja
Anies Apresiasi Petugas Kebersihan: Di Saat Kita Tidur, Mereka Bekerja
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi kinerja cepat petugas kebersihan dalam membersihkan lokasi-lokasi penyambutan Tahun Baru 2019, Selasa (1/1/2019) dini hari. Ratusan ton sampah diangkut petugas kebersihan lintas sektor sebelum matahari terbit.

"Di saat kita tidur, mereka bekerja. Di saat masyarakat berpesta, mereka menunggu. Pestanya selesai, mereka turun ke lapangan. Merekalah yang membuat Jakarta bersih dan rapi," ujar Anies yang juga turut meninjau langsung proses pembersihan kawasan Monas.

Anies menuturkan, di kawasan Jalan Medan Merdeka, jumlah masyarakat yang berkumpul dalam momen pergantian tahun sebanyak 362.000 orang. Pembersihan sampah langsung dilakukan setelah massa bubar dengan melibatkan 300 personel petugas. Secara umum kawasan Monas sudah bersih pada pukul 04.42 WIB.

"Mari kita setiap kali ketemu mereka, ada yang seragamnya warnanya orange, kuning, biru, sapa mereka. Sampaikan apresiasi, dan itu juga yang hari ini kita sampaikan kepada mereka," tandasnya.

Anies juga mengapresiasi masyarakat atas penggunaan kembang api dan petasan yang jauh berkurang dari tahun sebelumnya.

Sementara itu, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta membersihkan sampah dari lokasi-lokasi utama penyambutan Tahun Baru 2019 sebanyak 327 ton. Ratusan ton sampah itu dibersihkan oleh petugas kebersihan lintas sektor sebelum matahari terbit.

“Sejak pukul 4 pagi, jalanan sudah bersih, tidak ada sampah. Semuanya kami bersihkan,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji, Selasa (1/1/2019).

Isnawa menyebutkan, volume sampah pada malam penyambutan Tahun Baru sebanyak 327 ton itu mengalami penurunan drastis dari tahun sebelumnya yang mencapai 780 ton.

"Jumlah sampah jauh menurun dibanding tahun lalu karena selain turun hujan, sebagian besar warga menuruti imbauan Pemprov DKI Jakarta untuk merayakan pergantian tahun secara sederhana, mengingat bencana yang terjadi di beberapa daerah," kata Isnawa.

Lokasi penyumbang sampah terbanyak di antaranya kawasan Monas sebanyak 45 ton, Bundaran HI 22 ton, dan sepanjang Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH Thamrin sebanyak 26 ton sampah.

Isnawa mengaku memimpin langsung proses pembersihan sampah di Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH Thamrin, Bundaran HI, kawasan Monas, Jalan Gajah Mada, Jalan Hayam Wuruk, Kota Tua, dan Patung Tani. Ia juga menugaskan seluruh Kasudin, Kepala Bidang, bahkan kepala dan wakil kepala dinas, untuk turun langsung ke lapangan.

"Sebelumnya kami pantau semua titik keramaian di Jakarta. Begitu acara seusai dan massa mencair, proses pembersihan langsung dimulai,” jelasnya.

Isnawa mengklaim bahwa proses pembersihan dapat dilaksanakan dengan cepat, karena sebelumnya petugas bersama komunitas masyarakat telah membagikan 10 ribu kantong sampah kepada para pedagang kaki lima dan meletakan ribuan dus bin di titik-titik keramaian.

“Kami apresiasi kepedulian warga yang telah meletakan sampah di tempatnya. Itu sangat membantu petugas. Sedangkan untuk pembersihan jalan, kami kerahkan 50 unit road sweeper. Pembersihan pun cepat,” ucapnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3899 seconds (0.1#10.140)