Pola Pengamanan Reuni 212 di Monas Dibagi di Tiga Ring

Kamis, 22 November 2018 - 16:09 WIB
Pola Pengamanan Reuni 212 di Monas Dibagi di Tiga Ring
Pola Pengamanan Reuni 212 di Monas Dibagi di Tiga Ring
A A A
JAKARTA - Polres Jakarta Pusat masih melakukan pemetaan terkait dengan aksi reuni 212 di Lapangan Silang, Monas. Salah satunya soal pergerakan massa yang akan mengikuti reuni tersebut.

Kapolrestro Jakarta Pusat Kombes Pol Roma Hutajulu mengatakan, pengamanan nantinya akan dibagi menjadi tiga ring."Kalau pengamanan nanti akan kami bagi pengelolaan pengamanan ring ya. Ring cawan Monas, seputaran Monas dan areal Monas. Cawan dalam, terus pintu-pintu masuk Monas dan seputarannya," kata Roma di Polrestro Jakarta Pusat, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Kamis (22/11/2018).

Roma menambahkan, untuk areal parkir ada di Lapangan Banteng, Kebon Sirih, Tugu Tani, IRTI dan areal Stasiun Gambir. "Lalu ada di sebagian Sari Pan Pacific, area parkir yang luas itu disebelahnya. Kalau memang sudah penuh semua, mau enggak mau menggunakan bahu jalan di Medan Merdeka Timur dan Selatan," ujar Roma.

Dia mengingatkan, karena berbarengan dengan acara Car Free Day, peserta aksi 212 tidak boleh melakukan kegiatan di sepanjang Jalan Sudirman hingga Medan Merdeka."Banyak kerawanannya juga. Kalau izin lokasi di Monas mereka enggak boleh keluar. Kalau di area Car Free Day, berdasarkan Pergub 16/2016 dalam Pasal 7 yang bisa dilaksanakan di CFD hanya berkaitan dengan olahraga, lingkungan hidup dan seni budaya," sebut Roma.

"Jadi kalau nanti ada kegiatan yang tumpah ke Car Free Day itu kami imbau enggak boleh. Kan Pergub di Pemprov. Karena izin massanya di Monas. Sehingga kami perlu koordinasi pengamanan CFD dengan Pemprov. Soalnya yang berkaitan dengan politik dan agama itu tak boleh," ujar Roma.

Nanti ya jumlah personel yang mengamankan bakal keluar tiga hari sebelum acara. "Jumlah massa kami belum terima. Nanti kami menyesuaikan lah dengan massanya. Lakukan aksi dengan tertib dan ikut menjaga Kamtibmas," ucap Roma.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5939 seconds (0.1#10.140)