Perindo Bekali Ibu-Ibu PKK dan Posyandu Bekasi Ilmu Usaha Rumahan

Rabu, 03 Oktober 2018 - 00:33 WIB
Perindo Bekali Ibu-Ibu PKK dan Posyandu Bekasi Ilmu Usaha Rumahan
Perindo Bekali Ibu-Ibu PKK dan Posyandu Bekasi Ilmu Usaha Rumahan
A A A
BEKASI - Penggiat dan praktisi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) nasional Henky Eko Sriyantono berbagi ilmu sukses usaha rumahan kepada ibu-ibu PKK dan Posyandu Seruni RW 12 komplek TVRI Poris Kelurahan Jatirahayu Kecamatan Pondok Melati Kota Bekasi, Selasa (2/10/2018).

Di tempat ini Henky Eko Sriyantono memberikan pelatihan cooking class dan memulai usaha rumahan bersama Astri Indrayana penggiat UMKM kota Bekasi.

Kegiatan rutin yang dilakukan Henky Eko Sriyantono tersebut merupakan bagian dari gerakan membangun kemandirian ekonomi keluarga melalui pemberdayaan UMKM. Puluhan kaum ibu antusias mengikuti kegiatan tersebut karena diajarkan bagaimana mengolah makanan hingga menjadi usaha kecil nantinya.

"Antusias mereka sangat tinggi karena di acara tersebut para ibu-ibu saya berikan resep rahasia membuat fried chiken dan bolu gulung serta bagaimana cara mewujudkannya menjadi usaha rumahan," ujar Henky Eko Sriyantono.

Menurut calon anggota legislatif (caleg) DPR RI nomor urut 1 Dapil Jabar 6 (kota Bekasi dan kota Depok) dari Partai Perindo ini, dalam pelatihan tersebut ibu-ibu sangat aktif bertanya dan langsung ikut terlibat dalam proses pembuatan makanan yang bisa dijadikan usaha.

Henky Eko Sriyantono mengatakan, di setiap pelatihan yang diberikan, antusias ibu-ibu memang cukup tinggi. Sebelumnya Henky Eko Sriyantono sudah memberikan pelatihan untuk berbagai komunitas ibu-ibu di Kota Bekasi dan Depok. di antaranya di wilayah Harapan Jaya, Pekayon, Bekasi Jaya, Taman Galaxi, Bintara Jakasetia, Bekasi Utara, Beji Permai, Cinere Depok, dan Medan Satria.

Selain itu, komunitas penjual kue, komunitas go kitchen, komunitas pengajian ukhtifillah, komunitas koperasi syariah ukhuwah Pro IBU, komunitas RKMM (resep kue makanan & minuman), Prima Harapan Regency, Duta Harapan, Tytian Kencana, Kranggan Permai, Jatisari Permai, Pondok Mitra Lestari, Grand Depok City, komunitas pengajian annisa darrurozaq, Jatimekar, Kayuringin Jaya, Pondok Melati, Margajaya, Harapan Jaya, dan lain-lain.

Mewakili peserta yang ikut, Ketua PKK RW 12 Komplek TVRI Poris kelurahan Jatirahayu Ibu Tin menyampaikan rasa puasnya, "ini merupakan pelatihan yang ditunggu-tunggu oleh ibu-ibu PKK dan Posyandu agar bisa naik kelas usahanya sehingga bisa lebih produktif dan mandiri secara ekonomi," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Posyandu Seruni RW.12, Indawati Nuryan menilai program pemberdayaan yang dilakukan Henky Eko Sriyantono ini sangat bermanfaat dalam membangun kemandirian ekonomi keluarga. Karenanya, kegiatan semacam ini harus terus dilakukan, karena banyak warga menginginkan pelatihan seperti ini. "Ibu-ibu sangat antusias dengan kegiatan ini, apalagi yang memberikan pelatihan tersebut adalah pengiat UMKM yang sukses di Indonesia," tegasnya.

Henky Eko Sriyantono berharap, setelah mengikuti pelatihan ini ibu-ibu bisa memulai buka usaha rumahan untuk menambah pendapatan keluarga atau paling tidak bisa bermanfaat untuk keluarga di rumah dengan menghadirkan makanan sehat dan higienis. Di samping itu agar masing-masing peserta bisa lebih produktif dan mandiri.

"Karena tujuan kami memang itu, terciptanya kemandirian ekonomi keluarga melalui sektor UMKM, karena Perindo yang peduli kepada masyarakat saat ini," tutup Henky yang juga sebagai Wasekjen DPP Partai Perindo dan Ketua Umum Gerakan Kemandirian Ekonomi Keluarga.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3685 seconds (0.1#10.140)