15.000 Kg Sampah Plastik di Asian Games Didaur Ulang di Tangsel

Selasa, 04 September 2018 - 17:22 WIB
15.000 Kg Sampah Plastik di Asian Games Didaur Ulang di Tangsel
15.000 Kg Sampah Plastik di Asian Games Didaur Ulang di Tangsel
A A A
JAKARTA - Sebanyak 15.000 kg sampah plastik berhasil dikumpulkan relawan #KontingenKebaikan sepanjang pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Belasan ribu sampah plastik ini selanjutnya di daur ulang kembali pada Recycling Business Unit (RBU) Danone Aqua di Tangerang Selatan untuk diolah kembali menjadi barang yang bermanfaat.

Pada acara penutupan Asian Games 2018 lalu, Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam sambutannya ecara khusus memberikan apresiasi kepada para relawan yang telah bekerja dengan segenap ketulusan hati. Relawan #Kontingenkebaikan merupakan salah satu yang turut menyemarakkan Asian Games melalui gerakan bersih-bersih di lokasi Asian Games.

Direktur Komunikasi Danone Indonesia Arif Mujahidin mengatakan apresiasi dari orang nomor dua di Indonesia itu menjadi sesuatu yang membanggakan bagi para relawan. Selama pesta olah raga terbesar di Asia ini, Aqua bekerja sama dengan Indorelawan meluncurkan #KontingenKebaikan dengan jumlah sebanyak 4.000 relawan yang aktif mengumpulkan sampah plastik selama perhelatan Asian Games.

"Berbagai aksi yang dilakukan oleh #KontingenKebaikan selama berlangsungnya Asian Games 2018 dengan memungut sampah botol plastik sejalan dengan dengan komitmen #BijakBerplastik Danone Aqua," kata Arif di Jakarta, Senin, 3 September 2018 lalu.

Sementara itu, Marketing Manager AQUA Jeffry Ricardo memambahkan, para relawan #KontingenKebaikan yang dimotori oleh Indorelawan juga menginformasikan pentingnya memilah sampah plastik dan membuangnya di tempat yang benar serta mengajak pengunjung untuk bijak dalam menggunakan plastik guna mendukung program #BijakBerplastik.

#KontingenKebaikan yang telah dicanangkan sejak Juli 2018 lalu, merupakan gerakan untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia melakukan tindakan kebaikan yang menjadi warisan nilai-nilai budaya Indonesia dan menunjukkan kepada negara lain jati diri bangsa Indonesia dengan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 yang baik.

Selama perhelatan event olahraga terbesar di dunia setelah olimpiade itu, hampir semua venue pertandingan selalu bersih dari sampah terutama plastik, hal ini adalah kerja keras dari para relawan yang bekerja menjaga kebersihan di Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, JIExpo Kemayoran Jakarta dan Jakabaring Sport City Palembang.

Sampah-sampah plastik yang dikumpulkan oleh relawan #KontingenKebaikan akan di kumpulkan untuk kemudian di daur ulang kembali pada Recycling Business Unit (RBU) Danone Aqua di Tangerang Selatan untuk diolah kembali menjadi barang yang bermanfaat."Hingga hari ke-15 penyelenggaraan Asian Games 2018, #KontingenKebaikan telah menyebarkan 3.000 kantong plastik sampah organik yang terbuat dari sagu untuk digunakan para relawan dan pengunjung untuk mengumpulkan sampah, serta telah mengumpulkan sekitar 15.000 kg sampah plastik," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4515 seconds (0.1#10.140)