Pawai Obor di Jakarta Barat, Wakil Wali Kota Sebut Paling Meriah

Kamis, 16 Agustus 2018 - 20:22 WIB
Pawai Obor di Jakarta Barat, Wakil Wali Kota Sebut Paling Meriah
Pawai Obor di Jakarta Barat, Wakil Wali Kota Sebut Paling Meriah
A A A
JAKARTA - Touch Relay atau Pawai Obor hari ini melintasi wilayah Jakarta Barat. Obor Asian Games ini disambut meriah oleh puluhan ribu warga Jakarta Barat.

Wakil Wali Kota Jakarta Barat Muhammad Zen menilai Pawai Obor di wilayahnya ini paling meriah diantara wilayah lain di Jakarta yang sebelumnya sudah dilewati.

Zen berani mengklaim paling meriah karena terdapat panggung budaya, tarian, manusia patung, hingga sepeda ontel yang tumpah ruah dalam istirahat etape pertama.

Pawai Obor di Jakarta Barat, Wakil Wali Kota Sebut Paling Meriah


Zen menyebutkan, kemeriahan Pawai Obor Asian Games sudah dimulai sejak serah terima obor di Kelurahan Tanah Sereal, hingga ke RPTRA Kalijodo.

"Saya melihat pelaksanaan di Jakarta Barat lebih meriah dibanding wilayah lain, karena kita di sini ada Kota Tua. Saya lihat penyambutan api Asian Games ini sangat meriah," ujar Zen di Taman Fatahillah, Kota Tua, Kamis (16/8/2018).

Pantauan di lokasi, Taman Fatahillah menggelar panggung hiburan budaya. Sekelompok penari bersiap di atas panggung menarikan tarian daerah Betawi.

Terdapat pula pengamen pengamen binaan Kota Tua yang dibuat untuk memeriahkan acara. Mereka berhias mulai tokoh sejarah hingga tentara perang.

Termasuk sepeda onthel khas Taman Fatahillah yang membentuk barisan menyambut obor. Penyanyi juga disiapkan dengan sederet lagu-lagu Indonesia dan dangdut untuk menghibur pengunjung.

"Hampir sekitar 20.000 masyarakat yang hadir dari berbagai elemen, sekolah, lembaga dan masyarakat," kata Zen.

Pawai Obor di Jakarta Barat, Wakil Wali Kota Sebut Paling Meriah


Taman Fatahillah menjadi titik terakhir etape pertama pawai obor Asian Games 2018. Obor diterima oleh Zen di Jalan Kalibesar Barat setelah diberikan oleh pelari kepada unsur Muspika, di antaranya Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Hengki Haryadi, Dandim 0503 Letkol Kav Andre Masengi, dan Kajari Jakarta Barat Patris Yusian.

Selanjutnya, Obor Asian Games diserahkan kepada legendaris bulu tangkis Indonesia, Icuk Sugiarto. Pada etape kedua, dimulai dari Jalan Kemukusn, Jalan Lada, Stasiun Kota, Jalan Asemka, Jalan Tubagus Angke, lalu putar balik menuju Jalan Kepanduan LL dan RPTRA Kalijodo.

Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Kota Tua, Novriadi S Husodo mengatakan, kemeriahan sengaja diciptakan di kawasan tersebut untuk menarik perhatian pengunjung.

Acara itu juga bertujuan untuk menyemarakkan perhelatan olah raga terbesar se-Asia itu yang akan dibuka pada Sabtu (18/8/2018) lusa. "Kami sengaja memeriahkannya, karena Torch Reley Asian Games ini singgah di Kota Tua," timpal Novriadi.

Pawai Obor di Jakarta Barat, Wakil Wali Kota Sebut Paling Meriah


Untuk acara hiburan, panggung diisi berbagai pertunjukan kesenian Budaya Betawi, seperti tarian dan lenong. Begitu pun sederetan group band lokal mengisi kemeriahan panggung. "Ada juga barongsai yang datang,” ucap Norvi.

Dia memprediksi, acara tersebut mampu menyedot lebih dari 5 ribu pengunjung. Acara hiburan tetap berlanjut meski rombongan pembawa obor Asian Games 2018 bertolak menuju RPTRA Kalijodo.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5065 seconds (0.1#10.140)