Pemberdayaan UMKM, Cak Eko Beri Pelatihan Cooking Class di Depok

Sabtu, 28 Juli 2018 - 15:01 WIB
Pemberdayaan UMKM, Cak Eko Beri Pelatihan Cooking Class di Depok
Pemberdayaan UMKM, Cak Eko Beri Pelatihan Cooking Class di Depok
A A A
DEPOK - Penggiat dan praktisi UMKM nasional Henky Eko Sriyantono yang akrab dipanggil Cak Eko, terus melakukan Gerakan Membangun Kemandirian Ekonomi Keluarga melalui pemberdayaan UMKM.

Kali ini, kegiatan yang dikemas dalam pelatihancooking class dan memulai usaha rumahan modal kecilitu dilakukan di wilayah Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Kota Depok Selatan, tepatnya di Perumahan Beji Permai. Cak Eko mengaku antusias warga sangat tinggi mengikuti kegiatan ini.

"Antusias peserta sangat tinggi karena di acara tersebut para ibu-ibu diberikan resep anti gagal membuat Ayam Fried Chicken dan Bakso. Ibu-ibunya sangat aktif bertanya dan langsung ikut terlibat diproses pembuatan," ujar Cak Eko, Sabtu (28/7/2018).

Menurut Cak Eko, setiap pelatihan yang diberikan, antusias ibu-ibu memang cukup tinggi. Sebelumnya ia sudah memberikan pelatihan di Kota Bekasi, di antaranya di wilayah Harapan Jaya, Pekayon, Bekasi Jaya, Medan Satria, Taman Galaxi, dan Jakasetia.

"Dalam setiap pelatihan itu antusias ibu-ibu cukup tinggi, terbukti dengan banyaknya peserta yang ikut terlibat," kata Cak Eko.

Pemberdayaan UMKM, Cak Eko Beri Pelatihan Cooking Class di Depok


Ia berharap setelah megikuti pelatihan ini ibu-ibu bisa mandiri dengan menjalankan usaha di rumah agar bisa produktif dan mandiri. "Karena tujuan kami memang itu, terciptanya kemandirian ekonomi keluarga melalui sektor UMKM," ucapnya.

Setelah mengikuti pelatihan ini, para ibu-ibu secara otomatis langsung masuk sebagai anggota komunitas Sahabat Henky Eko Sriyantono melalui WA grup sehingga proses mentoring tetap berjalan.

Komunitas ini selanjutnya menjadi wadah komunikasi bagi para anggotanya untuk bisa diskusi dan konsultasi seputar usaha yang akan dijalani maupun yang sudah berjalan bisa terus maju.

"Di komunitas ini saya sekaligus menjadi mentornya dalam memberikan arahan dan solusi mengenai usaha rumahan dengan modal kecil," ujarnya.

Ilmucooking classyang diajarkan oleh Cak Eko tidak sebatas hanya membuat Fried Chicken dan Bakso saja, namun juga donat, brownies kukus, martabak mini, bolu gulung, sempol dan lain-lain.

Untuk pekan depan sudah ada komunitas ibu-ibu di wilayah kelurahan lain di Kota Depok dan Bekasi yang meminta diajarkan membuat bolu gulung dan brownies. Namun untuk setiap sesi pelatihan diajarkan dua menu saja agar peserta dapat lebih fokus dan menyerap ilmu dengan baik.

Pelatihan dan pemberdayaan ini gratis untuk komunitas ibu-ibu di wilayah Kota Bekasi dan Kota Depok. "Jadi apabila ada komunitas ibu-ibu PKK, arisan, pengajian, keagamaan, yang tertarik untuk mendapatkan pelatihan ini secara gratis langsung daftar saja melalui WA di nomor 085921699018 agar bisa diatur jadwalnya sekaligus jenis menu yang dipilih," pungkasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7109 seconds (0.1#10.140)