Warga Mulai Mengais Puing Bangunan di Lokasi Amukan si Jago Merah

Rabu, 12 Agustus 2020 - 13:43 WIB
loading...
Warga Mulai Mengais Puing Bangunan di Lokasi Amukan si Jago Merah
Warga tengah mengais puing dari sisa-sisa material kebakaran yang masih bisa dimanfaatkan kembali. Foto/Ilustrasi/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Ratusan bangunan terdiri dari kios dan rumah terbakar hebat saat si jago merah mengamuk di kawasan Duri Selatan, Tambora, Jakarta Barat, Selasa 11 Agustus 2020 malam. Usai kebakaran, sejumlah warga mulai memulung sejumlah barang di puing-puing bangunan yang terbakar.

Pantauan di lokasipukul 10.00WIB, warga terlihat sedang mengais sisa puing kebakaran dari rumah mereka. Lokasi kebakaran ini hanya berjarak sekitar 50 meter dari Stasiun Duri. ( )

Dengan membawa karung, mereka mulai memunguti beberapa benda berharga. Beberapa kayu yang tak terbakar mulai dikumpulkan dan ditumpuk dekat lokasi kebakaran. “Lumayan mas untuk bangun lagi,” kata Tato (37), warga sekitar lokasi kepada wartawan, Kamis (12/8/2020).

Tato tak menyangka kebakaran hebat melanda kawasannya semalam tadi. Ia mengakui kala itu dirinya baru mau tidur, dengan sigap, ia kemudian menyelamatkan anak istrinya. Surat-surat berharga harus rela terbakar.

Lurah Duri Selatan, M. Ghufri menerangkan, berdasarkan data sementara ada 113 rumah di tiga RT yang terbakar dan puluhan kios di Pasar Pos Duri yang berada berhimpitan dengan permukiman padat penduduk itu. ( )

"Data sementara baru 113 rumah dari sekitar 250 KK dengan 685 jiwa. Kebakaran ini ada di tiga RT, yakni RT 01, 02 dan 03 di RW 5 itu yabg permukiman, tapi ada juga di RT 10, itu yang pasar. Untuk pasar lokasi pastinya belum ada, tapi perkiraan ada 25-30 kios yang terbakar," papar Ghufri di lokasi.

Ghufri mengatakan, untuk sementara para korban kebakaran itu diungsikan di empat lokasi, yakni aula Kelurahan Duri Selatan, rumah dinas lurah, Sekolah Damai dan ada juga di wilayah Duri Utara yakni di Sekolah Pelita. Sementara itu, hingga kini masih belum bisa diketahui penyebab pasti dari kebakaran di permukiman padat penduduk tersebut.

"Kalau di masyarakat katanya listrik. Tapi ada juga saksi mata yang bilang ini kompor meleduk. Jadi masih belum pasti, kita tunggu dari polisi," kata Ghufri. ( )

Sebelumnya, kebakaran hebat kembali melanda kawasan Duri Selatan, Tambora, Jakarta Barat, Selasa 11 Agustus 2020 malam. Akibat kejadian ini, 974 jiwa warga di empat RT terpaksa harus mengungsi.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1011 seconds (0.1#10.140)