Pengukuhan Pengurus, Gerkindo Banten Ajak Umat Berpolitik Santun

Jum'at, 27 April 2018 - 15:40 WIB
Pengukuhan Pengurus, Gerkindo Banten Ajak Umat Berpolitik Santun
Pengukuhan Pengurus, Gerkindo Banten Ajak Umat Berpolitik Santun
A A A
TANGERANG - Pengukuhan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Gerkindo Banten di Perumahan Dasana Indah, Bojong Nangka, Legok, Tangerang, Banten, dengan 30 anggota berlangsung hikmat.

Pengukuhan DPW Gerkindo yang ke-22 ini dilakukan oleh Ketua Umum Gerkindo Yerry Tawalujan. Dengan hadirnya DPW Gerkindo Banten, semakin mengukuhkan keberadaan Partai Perindo di Indonesia.

"Dalam tiga bulan, sejak pelantikan diawal Desember 2017, kita sudah ada di 22 provinsi. Jadi kami termasuk cepat, insya Allah didukung oleh organisasi-organisasi gereja," kata Yerry kepada KORAN SINDO, Jumat (27/4/2018).

Dijelaskan dia, sekitar 70% kepengurusan DPP Gerkindo itu pimpinan gereja. Minimal, ada 80 organisasi gereja berbeda yang dipimpin masing-masing pengurus, dan berafiliasi dengan Gerkindo.

"Gerkindo berdiri sejak November 2017, dan dikukuhkan oleh Pak HT (Hary Tanoesoedibjo). Target kita sampai bulan enam ini, Gerkindo hadir di 34 provinsi seluruh Indonesia," jelasnya.

Dukungan para pemimpin gereja terhadap Perindo, melalui sayap partainya Gerkindo, menurutnya sebuah tugas suci. Apalagi, Perindo itu satu-satunya partai yang cocok dan diajarkan kitab suci umat Kristen.

"Karena di kitab suci kami, kami disuruh menyejahterakan bangsa. Hal ini tertuang dalam Yeremia 29 ayat 7 yang berbunyi usahakan kesejahteraan kota di mana saja kamu diutus," ungkap Yerry Tawalujan.

Meski baru berdiri, Gerkindo sudah banyak berbuat untuk ikut menyejahterakan umat, dan memberikan edukasi politik kepada umat, tentang pentingnya berpolitik.

"Peran Gerkindo sebagai wadah atau forum untuk memberikan edukasi politik dan kebangsaan kepada umat Kristen. Terutama, untuk melakukan sesuatu yang berguna bagi bangsa ini," sambungnya.

Sejumlah kegiatan yang telah dilakukan Gerkindo, untuk komunitas Kristen, yakni melakukan bakti aksi sosial di panti sosial, santunan anak terlantar, pelayanan di penjara, dan membuat seminar-seminar.

"Dengan SDM yang berkualitas, satu orang bisa mempengaruhi ribuan orang. Apalagi ada 20-30 orang berkualitas. Makanya kami mencari figur dengan integritas dan kapabilitas kompetensi tinggi," jelasnya.

Gerkindo membutuhkan sosok-sosok pemimpin gereja dengan kepribadian kuat. Di Banten, sedikitnya ada 30 pemimpin gereja yang dinilai cukup mumpuni.

"Di Banten, kami melantik ada 30 orang pengurus DPW dengan Ketuanya Niga Kasedu. Setelah dilantik, mereka akan langsung bekerja melayani umat Kristen agar terjun ke dalam politik," paparnya.

Para kader Gerkindo, tambahnya, harus menjadi garam dan terang dunia di bidang politik. Hal ini sesuai dengan tagline Perindo, yakni Indonesia sejahtera.

Sementara itu, Sekjen Gerkindo Eddy Junaedi menambahkan, sebagai sayap Partai Perindo, Gerkindo memiliki program yang baik dan nyata, bagi komunitas-komunitas gereja di Indonesia.

"Program kita memgembangkan dan memberdayakan UKM-UKM, membuat berbagai pelatihan dan pendidikan di gereja, serta bedah gereja," sambungnya.

Dijelaskan, banyak gereja di Indonesia yang tidak layak dan kondisinya sangat-sangat memprihatinkan untuk ibadah umat. Gereja-gereja itulah yang menjadi sasaran perbaikan bagi Gerkindo.

"Program ini sudah berjalan. Dalam waktu dekat, kami akan membedah tiga gereja di Kalimantan, 3 di NTT, 3 di Sumut, 3 Sulut prioritas 10, khusus untuk daerah-daerah Kristen terbesar di Indonesia," jelasnya.

Meski demikian, dia menegaskan, yang dilakukan Gerkindo memberdayakan umat. Jadi, bukan merekrut umat agar masuk Kristen atau melakukan Kristenisasi.

"Jadi kita memberdayakan umat soal keimanan dan peran mereka dalam berbangsa dan bernegara. Jika kaitannya dengan Perindo, kita ingin menunjukkan bahwa ini tugas suci," paparnya.

Lebih lanjut, dalam Gerkindo pihaknya melakukan politik santun dengan memberi kritik, sekaligus solusinya sebagai jalan keluar, tanpa memecah belah umat.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5078 seconds (0.1#10.140)