Profil Beni Hidayat, Kalapas Salemba yang Sangkal Tudingan Alvin Lim Soal Penahanan Ferdy Sambo

Senin, 08 Januari 2024 - 18:16 WIB
loading...
Profil Beni Hidayat, Kalapas Salemba yang Sangkal Tudingan Alvin Lim Soal Penahanan Ferdy Sambo
Kalapas Kelas IIA Salemba Beni Hidayat. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kalapas Kelas IIA Salemba Beni Hidayat menyangkal tudingan Alvin Lim soal Ferdy Sambo tidak pernah ditahan di Lapas Salemba. Beni menyebut omongan Alvin adalah karangan karena tidak melihat langsung proses penempatan mantan Kadiv Propam Polri itu.

Omongan Alvin tersiar melalui video wawancara di akun YouTube dr Richard Lee. Menanggapi pernyataan tersebut, Beni menuturkan informasi dari Alvin tidak benar.

Lantas, siapakah sebenarnya sosok Beni yang menyangkal tudingan Alvin soal penahanan Ferdy Sambo?



Beni belum lama menjabat Kalapas Salemba atau persisnya pada Oktober 2023. Dia menggantikan Yosafat Rizanto yang dimutasi sebagai Kalapas Kelas IIA Cilegon.

Sebelumnya, Beni tercatat pernah menjabat Kalapas Kelas IIB Indramayu. Dia juga pernah menempati posisi sebagai Kepala Rutan Kelas IIB Sumenep.

Pada tahun 2020, dia ditunjuk sebagai KPLP Lapas Kelas I Sukamiskin Bandung.

Kembali lagi soal Ferdy Sambo. Beni menjelaskan, Ferdy Sambo menjalani pidana di Lapas Salemba dan melewati Masa Pengenalan Lingkungan (Mapenaling) terhitung sejak 24-29 Agustus 2023. Setelah itu, Sambo dipindahkan ke Lapas Kelas IIA Cibinong.

Beni juga membantah pernyataan Alvin bahwa Ferdy Sambo tidur di ruang KPLP selama menjalani pidana di Lapas Salemba.

"Itu tuduhan ngawur. Sebagai warga binaan, Ferdy Sambo ditempatkan di Blok Paviliun Saroso Lantai I Ruang 23/Tipe 1. Kami ada dokumentasinya semua," ucapnya.

Dia tidak menampik Ferdy Sambo mendapat pengawasan melekat dari jajaran KPLP. Namun, semua itu berdasarkan pertimbangan keamanan dan ketertiban serta berdasarkan assesment risiko PK Bapas dan Instrument Screening Penempatan Narapidana (ISPN).
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3483 seconds (0.1#10.140)