Gelar Istigasah, MWC NU Ciracas Pastikan Bersikap Netral

Jum'at, 16 Maret 2018 - 23:41 WIB
Gelar Istigasah, MWC NU Ciracas Pastikan Bersikap Netral
Gelar Istigasah, MWC NU Ciracas Pastikan Bersikap Netral
A A A
JAKARTA - Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, menggelar Tabligh Akbar dan Istigasah Kebangsaan dengan tema Masjid Sebagai Sarana Pembinaan Ukhuwah Islamiyah di Masjid Al Muhtadun. Acara itu terselenggara hasil kerja sama antara MWC NU Ciracas bersama pengurus DKM Masjid Al Muhtadun.

Rois Syuriah NU Cibubur KH Luthfi Sarbini mengatakan, permasalahan penyerangan terhadap ulama yang terjadi belakangan dan mengajak para peserta Istighosah Kebangsaan untuk mendoakan keselamatan para ulama.

"Istighosah kalau diartikan secara bebas artinya adalah merayu Allah. Oleh karena itu, pada kesempatan ini mari doakan para ulama kita agar selalu dilindungi oleh Allah SWT," ujar Rois Syuriah NU Cibubur KH Luthfi Sarbini dalam ceramahnya seperti keterangan yang diterima SINDOnews, Jumat (16/3/2018).

Selain itu, dia mengatakan, 2018 merupakan tahun politik. Pasalnya, kata dia, pada tahun ini juga akan digelar Pilkada serentak yang disusul dengan Pileg dan Pilpres 2019.

"Dalam tatanan hidup ini masyarakat boleh-boleh saja memiliki perbedaan organisasi, boleh berbeda partai, akan tetapi saat memasuki masjid dimana saja semua menjadi saudara, karena masjid itu netral, tidak ada pembedaan di dalamnya apakah dia pejabat atau bukan tetap diperlakukan sama," katanya.

Kemudian, Ketua Tandfidziyah MWC NU Ciracas KH Amirudin Yusuf mengatakan, NU berada pada posisi netral dan tidak berpihak. "NU berperan sebagai penengah yang bersikap netral kepada semua pihak," katanya.

Dia mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya menyatukan umat Islam agar tidak mudah terpecah belah dalam menghadapi berbagai situasi yang berkembang.

"Menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2018, Pileg dan Pilpres 2019 ini suhu perpolitikan diprediksikan akan semakin memanas. Oleh karena itu, MWC NU Ciracas hadir dengan menyelenggarakan acara seperti ini untuk mendinginkan suhu tersebut agar tidak rentan terpecah belah," paparnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5209 seconds (0.1#10.140)