Protes Karikatur Pria Berjubah Putih, FPI Gelar Aksi di Kantor Tempo

Jum'at, 16 Maret 2018 - 14:07 WIB
Protes Karikatur Pria Berjubah Putih, FPI Gelar Aksi di Kantor Tempo
Protes Karikatur Pria Berjubah Putih, FPI Gelar Aksi di Kantor Tempo
A A A
JAKARTA - FPI berencana menggelar aksi damai di kantor Majalah Tempo, Jalan Palmerah Barat, Jakarta Selatan untuk memprotes gambar kartun di majalah Tempo yang dianggap menghina ulama. Polda Metro Jaya sendiri sudah menyiapkan personel untuk pengamanan aksi tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, polisi sudah menerima surat pemberitahuan tentang adanya aksi damai tersebut. Maka itu, personel gabungan dari Polres Jakarta Selatan dan Polda Metro Jaya pun dikerahkan untuk mengamankan aksi tersebut.

Argo menerangkan, berdasarkan surat pemberitahuan, massa aksi akan berkumpul di Masjid Al-Ishlah, Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Jumlah personel yang dikerahkan disesuaikan dengan jumlah massa aksi.

"Kita amankan di jalur dari Palmerah ke Kebayoran Lama, Jakarta Selatan dan jumlah personel disiapkan sesuaikan dengan jumlah pengunjuk rasa," ujarnya pada wartawan, Jumat (16/3/2018).

Sementara itu, Juru Bicara FPI Habib Novel Bamukmin mengungkapkan, aksi digelar terkait konten Tempo yang membuat kartun menggambarkan seorang pria berjubah putih tengah duduk di depan seorang wanita. Kartun itu dimuat majalah Tempo edisi 26 Februari 2018.

Dia menambahkan, pria tersebut dipersepsikan sebagai Imam Besar FPI, Habib Rizieq Shihab. Massa aksi meminta agar majalah Tempo memberikan klarifikasi gambar kartun tersebut.

Adapun massa aksi itu berasal dari gabungan alumni 212. "Kami minta klarifikasi dan (Tempo) meminta maaf kepada umat Islam dan ulama atas karikaturnya. Terkait jumlah biasanya puluhan ribu," katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6859 seconds (0.1#10.140)