Disapu Angin Puting Beliung, Puluhan Rumah di Bekasi Utara Rusak

Kamis, 08 Maret 2018 - 23:15 WIB
Disapu Angin Puting Beliung, Puluhan Rumah di Bekasi Utara Rusak
Disapu Angin Puting Beliung, Puluhan Rumah di Bekasi Utara Rusak
A A A
BEKASI - Puluhan rumah di Gang Rimbang, Kelurahan Kaliabang Tengah, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, rusak setelah disapu angin puting beliung. Salain merobohkan puluhan rumah, seorang warga paruh baya tertimpa material bangunan.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Bekasi, Roby Hermawan, mengatakan, terdapat 21 rumah yang rusak berat hingga ringan akibat tersapu angin puting beliung."Dalam kejadian itu ada satu warga mengalami luka cukup serius," ujarnya, Kamis (8/3/2018).

Korba luka adalah Mustofah (60) yang mengalami luka-luka setelah tertimpa material bangunan. Ia mengalami luka itu berada di bagian kaki dan punggung. Sedangkan untuk kerusakan rumah terbagi di dua lokasi akni RT 03 dan RT 04. Untuk RT 04 RW 04 terdapat 11 rumah, sedangkan di RT 03 RW 04 sebanyak 10 bangunan.

Kondisi kerusakan rumah rata-rata mencapai 50 persen. Mayoritas rumah mengalami kerusakan di bagian atap. Namun, kerusakan bangunan sudah ditangani oleh petugas dan pemerintah daerah setempat.

Menurut dia, kejadian itu terjadi sangat singkat disertai hujan deras. Untuk itu, dia mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrem di wilayah setempat. Sebab, ke depan wilayah Bekasi bakal diguyur hujan deras disertai angin kencang, sehingga membuat sejumlah pohon besar tumbang.

Sekretaris Kecamatan Bekasi Utara, Jalal, mengatakan, berdasarkan kesaksian warga, angin puting beliung itu datang dari Barat ke Timur. Lama angin memutar sekitar 2 menit. "Angin membuat atap tebing rumah berterbangan," ucapnya.

Adapun korban yang tertimpa material bangunan dipastikan hanya satu orang dan bangunan yang rusak 21 unit. "Kini sudah banyak bantuan dari sejumlah relawan untuk merapihkan kembali bangunan yang rusak," tutupnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6107 seconds (0.1#10.140)