Caleg Partai Perindo Michael Sianipar Ingin Maksimalkan Peran Legislatif

Sabtu, 16 Desember 2023 - 05:38 WIB
loading...
Caleg Partai Perindo Michael Sianipar Ingin Maksimalkan Peran Legislatif
Caleg DPRD DKI Jakarta Dapil 3 dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Michael Sianipar menekankan pentingnya penguatan peran legislatif dalam membuat arah kebijakan di DKI Jakarta. Foto/Carlos Roy
A A A
JAKARTA - Caleg DPRD DKI Jakarta Dapil 3 dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Michael Sianipar menekankan pentingnya penguatan peran legislatif dalam membuat arah kebijakan di DKI Jakarta. Hal tersebut ia sampaikan dalam Diskusi Pemuda Menantang Caleg Vol. 1 Debat Caleg Muda: Seberapa Realistis Janji-janjinya.

Menurut Michael, peran DPRD sangat penting bagi para pemuda yang ingin memperbaiki Kota Jakarta. "Yang ingin kami perjuangkan, institusi DPRD memiliki peran penting dalam membangun Ibu Kota. Kita sudah memiliki 6 Gubernur terakhir. 10 tahun terakhir masih banyak masalah di Jakarta. Para gubernur tersebut merupakan orang hebat, tapi karena fungsi DPRD belum maksimal sehingga tidak optimal," ujar Michael dalam acara yang digelar di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Dia menambahkan, peran utama dari anggota legislatif di DPRD DKI adalah mengaudit anggaran. "Mereka memilih wewenang untuk menerima atau menolak anggaran Rp84 triliun. DPRD harus memiliki peran maksimal. Ada ketidakadilan dan ketimpangan di Jakarta. Berikan kami para pemuda kesempatan untuk memperbaiki hal tersebut," jelasnya.

Michael mengatakan, kendala pembangunan di DKI Jakarta bukan karena kurangnya nilai anggaran yang ada, melainkan tata kelola anggaran yang belum baik.

"APBD DKI Jakarta sangat besar. Jakarta sebenarnya bukan kurang anggaran, tapi tata kelola anggaran partispatif. Semua anggaran Dinas dan Suku Dinas harus dibuka secara transparan agar bisa dicek," paparnya.

Semua anggaran, kata Michael, harus dibuka. "Jika mereka memberikan penjelasan tidak cukup transparan, maka saya akan menolak, sebelum diperbaiki. Penting sekali proses lelang kita buka. Sekarang lelang tertutup. Baru diumumkan sepekan kemudian. Harus dibuka proses lelang, agar semua bisa terlibat. Agar tidak ada cawe-cawe antara Pemprov, DPRD, dan pihak ketiga," pungkas caleg dari Partai Perindo yang dikenal sebagai partai modern yang peduli rakyat kecil, gigih berjuang untuk penciptaan lapangan kerja dan Indonesia sejahtera.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1193 seconds (0.1#10.140)