Lulus Kuliah, Mahasiswa Harus Bisa Ciptakan Peluang Usaha

Jum'at, 26 Januari 2018 - 19:03 WIB
Lulus Kuliah, Mahasiswa Harus Bisa Ciptakan Peluang Usaha
Lulus Kuliah, Mahasiswa Harus Bisa Ciptakan Peluang Usaha
A A A
TANGERANG SELATAN - Ketua Umum Forum Keluarga Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Armyn Gultom mangajak mahasiswa agar bisa menciptakan peluang kewirausahaan. Jadi setelah lulus kuliah sarjana tidak lama menganggur dan malah bisa membantu terciptanya lapangan kerja.

"Ini soal kebangsaan dan ekonomi. Kita mau mendorong mahasiswa untuk berwirausaha. Jadi ketika tamat kuliah tidak semata-mata mencari pekerjaan," katanya saat mengisi Musyawarah Cabang (Muscab) IMM cabang Cirendeu, di aula Gedung Fakultas Kesehatan dan Kedokteran Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Ciputat, Tangsel, Jumat (26/1/2018).

Meski demikian, bukan berarti setelah tamat kuliah dan menjadi sarjana, para mahasiswa itu tidak boleh bekerja. Menurutnya, bekerja itu suatu keharusan. Tetapi hanya sebagai batu loncatan.

"Boleh bekerja, lima hingga 10 tahun. Tetapi itu harus jadi batu loncatan untuk mandiri dan berwirausaha," tambah pria yang membidangi Bidang Kader, Anggota, dan Saksi DPP Partai Perindo ini.

Menurutnya, sebaik-baiknya manusia harus bisa bermanfaat bagi orang lain. Untuk itu, dirinya berusaha mendorong para mahasiswa di dalam IMM untuk bisa menjadi individu yang mandiri.

"Selain harus mandiri, mereka juga harus bisa berwirausaha. Andaikan tidak ada gerakan kewirausahaan, saat Reformasi 1998, mungkin ekonomi kita sudah kolaps dan berbeda saat ini," ujarnya.

Ada cara yang bisa ditempa oleh para mahasiswa agar menjadi individu-individu mandiri, serta berkualitas. Selain menekuni bidangnya sesuai jurusan yang diambil, juga terjun ke organisasi.

"Selain kurikulum, harus ada penyadaran bagi seluruh civitas akademika, supaya bisa melahirkan generasi yang bisa mandiri. Jadi tidak hanya fokus pada persoalan-persoalan mata kuliahnya," sambungnya.

Dijelaskan dia, IMM merupakan organisasi ekstrakampus yang terus mendorong anggotanya untuk berlatih agar mandiri, dan bisa membuka peluang usaha, sesuai dengan minat bakat yang dimilikinya.

"IMM terus memberikan pelatihan-pelatihan khusus, sesuai dengan minat mahasiswa, sehingga bisa mandiri dan menjalankan tugasnya di masyarakat, sesuai dengan visi misi kami," jelasnya.

Dia berharap, mahasiswa IMM bisa menjadi motivator dan inisiator yang baik. Tidak hanya untuk dirinya, tapi juga bagi masyarakat banyak. Sebab mahasiswa kaum intelektual dan cendikiawan.

"Sebagai intelektual dan cendikiawan, lulusan universitas harus punya nilai lebih dari masyarakat lain. Bisa menjadi penerang dan contoh dalam kehidupan nyata sehari-hari masyarakat," tukasnya.

Ketua Umum IMM cabang Cirendeu Rio Rizki Pratama mengatakan, untuk mendorong minat wirausaha anggotanya, mereka memiliki bidang-bidang khusus yang memberikan pelatihan-pelatihan.

"Kita sudah ada upaya ke arah sana, karena di struktur kita ada bidang ekeonomi dan kewirausahaan yang fokus mendidik kader ke persoalan ekonomi dan kewirausahaan," ungkap Rizki.

Mahasiswa semester akhir di Fakultas Kedokteran dan Kesehatan UMJ ini menambahkan, pihaknya juga sedang gencar melakukan pemberdayaan badan usaha milik ikatan di komisariat.

"Jadi setiap komisariat yang ada di tujuh fakultas itu, kita adakan pelatihan-pelatihan kewirausahaan. Di komisariat Fakultas Agama Islam, sudah berjalan usaha mahasiswa," sambungnya.

Jadi, kata dia, mahasiswa ini membuka warung kecil-kecilan di fakultasnya, dan di tingkat cabang pihaknya bekerjasama dengan pedagang di luar, dengan sistem membagi keuntungan bersama.

"Esensinya kami ingin membentuk wacana pergerakan agar mereka bisa mandiri dan membuat usaha kecil-kecilan. Seperti membuka warung jajanan di komisariat Fakultas Agama Islam," ungkapnya.

Dengan kader yang telah mencapai ribuan orang, dirinya berharap melalui Muscab IMM ini roda organisasi bisa berjalan lebih dinamis dan progresif, serta berkemajuan. Sehingga lahir kader-kader mandiri.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3546 seconds (0.1#10.140)