Gibran Blusukan ke Muara Baru Penjaringan, Serap Aspirasi Nelayan

Selasa, 12 Desember 2023 - 18:55 WIB
loading...
Gibran Blusukan ke Muara Baru Penjaringan, Serap Aspirasi Nelayan
Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka blusukan ke Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman, Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (12/12/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyerap aspirasi dari nelayan . Hal ini dilakukan saat diablusukan di pasar ikan modern dan gudang penyimpanan ikan, Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman, Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (12/12/2023).

Gibran disambut nelayan dan relawan Prabowo-Gibran yang juga merupakan bagian dari Solidaritas Nelayan Indonesia (SNI) Muara Baru. Ketua SNI Muara Baru James Then mengatakan, pihaknya menyampaikan aspirasi di bidang perikanan .

Salah satunya persoalan mengenai Perum Perikanan Indonesia (Perindo) yang dinilai nelayan terlalu sepihak menaikkan tarif. "Kita tadi sampaikan juga ke Mas Gibran, bahwa ada oknum dari Perum Perindo semena-mena menaikan tarif sewa lahan sebanyak dua kali lipat. Selain itu, pelaku usaha pun mendapatkan intimidasi oleh oknum dari Perum Perindo," katanya.

James Then menjelaskan, nelayan dan pelaku usaha sangat terdampak dari kenaikan tarif sewa lahan itu. Menurutnya,
Perum Perindo merupakan fasilitator dari pemerintah dalam mendukung usaha perikanan.

Jika ada oknum menaikkan tarif sewa lahan dua kali lipat secara semena-mena, maka imbasnya terhadap kelanjutan nasib nelayan dan pelaku usaha di bidang perikanan "Ke depan, nelayan dan pelaku usaha terus akan berjuang dan mendesak pemerintah agar melakukan investigasi untuk memecat oknum-oknum yang tidak beres," tandasnya.

Seperti diketahui, Cawapres Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka melakukan monitoring dan mengecek gedung cold storage ikan yang berlokasi di seberang Pasar Ikan Modern Muara Baru Penjaringan Jakarta Utara, Selasa (12/12/2023).

Saat blusukan di Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Muara Baru, Gibran berdialog dengan para nelayan. Gibran melihat langsung ikan-ikan yang telah dibekukan untuk didistribusikan.

"Kita sudah ketemu semua di Solo. Kemarin sudah menyampaikan aspirasinya semua permasalahannya. Sudah ada sebagian yang kita follow up. Ini kita ngecek permasalahan di cold storage ya nanti akan segera kami follow up ya," sebut Gibran.

Gibran menampung aspirasi dan permasalahan dari para nelayan dan pemilik cold storage ikan. Menurutnya, sejumlah permasalahan tersebut sudah ditangani.

"Menampung aspirasi, keluhan-keluhan dari para nelayan dan juga para pemilik cold storage. Udah saya tampung di sini. Para nelayan udah ketemu saya 2-3 minggu yang lalu. Sudah ada permasalahan yang kita tangani juga ya," jelasnya.

Ribuan nelayan dan warga di lokasi menyambut baik kehadiran Gibran di lokasi. Gibran didampingi Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran dan elite partai Koalisi Indonesia Maju (KIM).
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2211 seconds (0.1#10.140)