Macet Parah, Contraflow Sepanjang 15 Km di Tol Cikampek Diberlakukan

Jum'at, 22 Desember 2017 - 17:47 WIB
Macet Parah, Contraflow Sepanjang 15 Km di Tol Cikampek Diberlakukan
Macet Parah, Contraflow Sepanjang 15 Km di Tol Cikampek Diberlakukan
A A A
BEKASI - Kepolisian dan PT Jasa Marga memberlakukan contraflow di ruas jalan Tol Jakarta Cikampek arah Bandung pada Jumat (22/12/2017) sore. Pemberlakuan contraflow ini untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di ruas tol tersebut.

Kepala Sub Bagian Humas PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, Handoyono mengatakan, sejak Jumat pagi kepadatan arus lalu lintas dari arah Jakarta menuju Cikampek sudah terjadi.

Titik kepadatan itu, terjadi menjelang akses-akses keluar masuk rest area yang terdapat di sepanjang jalan Tol Jakarta Cikampek yakni di Kilometer 33, 39, dan 57. "Guna mengurangi kepada Jasa Marga dengan kepolisian memberlakukan contraflow sepanjang 15 Kilometer," kata Handono kepada wartawan Jumat (22/12/2017).

Menurut Handono, contraflow itu diberlakukan sebagaimana dikresi dari pihak kepolisian mulai dari Kilometer 35 hingga 50 sejak pukul 15.00 WIB. Hasilnya, kepadatan dari arah Jakarta maupun sebaliknya sudah mulai terurai.

Pantauan SINDOnews, kemacetan terjadi di ruas tol Jakarta menuju Cikampek terjadi sejak Jumat pukul 05.00 WIB. Kendaraan yang melintas hanya bisa laju dengan kecepatan 10 kilometer per jam hingga Gerbang Tol Cikarang Utama hingga arah Cikampek.

Bahkan, arah Jakarta kondisinya padat merayap. Kondisi itu diperparah, lantaran banyak kendaraan yang akan masuk Rest Area 19 untuk beristirahat. Antrean panjang menuju Rest Area Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi mengakibatkan kemacetan hingga puluhan kilometer di Cawang.

Ditambah kemacetan panjang itu terjadi lantaran antrean panjang di GT Cikarang Utama yang berada di Cikarang Barat. Namun, saat ini selepas gerbang tol Cikarang Utama kemacetan bisa terurai kembali hingga kemacetan kembali terjadi arah Bandung dan Cikampek.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4261 seconds (0.1#10.140)