Sinergi BUMN, Perhutani Tanam Bibit Ribuan Pohon di Wisata Alam Gunung Dago Bogor

Senin, 04 Desember 2023 - 14:28 WIB
loading...
Sinergi BUMN, Perhutani Tanam Bibit Ribuan Pohon di Wisata Alam Gunung Dago Bogor
Perum Perhutani bersama ID Survey memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2023 dengan melaksanakan gerakan menanam pohon di kawasan Wisata Alam Gunung Dago, Parung Panjang, Kabupaten Bogor. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Perum Perhutani bersama ID Survey memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2023 dengan melaksanakan gerakan menanam pohon di kawasan Wisata Alam Gunung Dago, Parung Panjang, Kabupaten Bogor. Dalam kegiatan tersebut dilakukan penanaman bibit pohon jenis durian, petai, dan alpukat sebanyak 2.021 plances.

Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Perhutani Dewi Fitrianingrum mengatakan, peringatan HMPI 2023 diharapkan memberikan kesadaran tentang perlindungan lingkungan dan keanekaragaman hayati, dengan turut melibatkan partisipasi masyarakat setempat demi kemajuan negara Indonesia.

Sepanjang tahun 2022, lanjut dia, Perum Perhutani telah melakukan penanaman seluas 34.458 hektare, dan dalam kegiatan penanaman ini Perhutani turut menyediakan bibit pohon sebanyak 1.000 bibit untuk menyukseskan program TJSL bidang lingkungan.

“Kegiatan ini bukan semata-mata hanya sebatas menanam bibit pohon, namun ini akan berdampak positif terhadap lingkungan dan pendapatan wisata Gunung Dago," katanya dalam keterangan pers pada Senin (4/12/2023).

Dewi menuturkan, kegiatan ini juga ditindaklanjuti dengan MoU antara Perhutani dengan ID Survey untuk dijadikan pilot project mitigasi penurunan emisi gas rumah kaca (dekarbonisasi) serta dalam upaya pemberdayaan masyarakat sekitar hutan.


Penata Kelola Perusahaan Negara Muda Kementerian BUMN Fachrudin menuturkan, terselenggaranya acara yang didukung ID Survey dan Perhutani merupakan bentuk keseriusan BUMN dalam melestarikan lingkungan di Indonesia. Karena sesuai dengan arahan Menteri BUMN bahwa kegiatan TJSL BUMN terdapat tiga prioritas yaitu pendidikan, lingkungan hidup, dan pengembangan UMKM.

“Ke depannya kita akan terus bekerjasama dan berkolaborasi agar antar BUMN dari sektor hulu hingga hilir dapat mendukung program net zero emission baik di tahun 2030 maupun di tahun 2060 sesuai yang dicita-citakan,” tuturnya.

Direktur Hubungan Kelembagaan ID Survey Andry Tanudjaya menambahkan, acara penanaman pohon ini merupakan langkah konkret menuju keberlanjutan dan kelestarian lingkungan.

“Program penanaman pohon ini juga adalah langkah nyata mendukung beberapa SDG, terutama terhadap SDG Nomor 13 tentang Tindakan Iklim dan SDG Nomor 15 tentang Keanekaragaman Hayati. Bersama Perum Perhutani, kita bukan hanya menanam pohon, tetapi juga memastikan bahwa pohon-pohon tersebut tumbuh sehat dan kuat untuk mendukung ekosistem secara keseluruhan. Mari kita bersama-sama menjadi agen perubahan untuk dunia yang lebih baik, terima kasih,” ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1768 seconds (0.1#10.140)