5 Fakta Komjen Pol (Purn) Moechgiyarto, Eks Kapolda Metro Jaya Peraih Adhi Makayasa

Jum'at, 01 Desember 2023 - 15:51 WIB
loading...
5 Fakta Komjen Pol (Purn) Moechgiyarto, Eks Kapolda Metro Jaya Peraih Adhi Makayasa
Komjen Pol (Purn) Moechgiyarto pernah menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya di awal tahun 2016 menggantikan Irjen Tito Karnavian. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Komjen Pol (Purn) Moechgiyarto merupakan salah satu tokoh Polri yang dikenal cerdas dan brilian. Hal itu dibuktikan dengan beberapa prestasi yang diraihnya saat menjalani proses pendidikan.

Moechgiyarto lahir pada 25 Mei 1962 di Padang, Sumatera Barat. Sepanjang karier sebagai Perwira Polisi, dirinya pernah menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya di awal tahun 2016 menggantikan Irjen Tito Karnavian.

Selain beberapa fakta yang telah terungkap di atas, rupanya masih ada beberapa fakta menarik lainnya tentang Komjen Pol Moechgiyarto.

5 Fakta Komjen Pol (Purn) Moechgiyarto


1. Peraih Penghargaan Adhi Makayasa


Moechgiyarto mendapatkan penghargaan Adhi Makayasa setelah menjadi lulusan terbaik Akademi Kepolisian tahun 1986.

Tidak hanya menjadi lulusan terbaik, pria yang berpengalaman di bidang reserse tersebut juga selalu tercatat meraih peringkat satu di setiap pendidikan Polri baik PTIK, Sespim, hingga Sespati.

2. Menjalani Jabatan Awal di Jawa Timur


Setelah dinyatakan lulus dari Akpol, Moechgiyarto langsung ditempatkan di Polda Jatim untuk menjadi Wakapolsekta Klojen Resta Malang. Masa awal kariernya di Jawa Timur dijalani hingga tahun 1990.



Ketika bertugas di Polda Jatim, Moechgiyarto juga sempat menjabat sebagai Kapolsek Kedungkandang Resta Malang, dan Kapolsektif Blimbing Resta Malang.

3. Menjadi Kapolda di Tiga Wilayah


Moechgiyarto pernah menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah di tiga wilayah berbeda. Pertama, dia ditunjuk menjadi Kapolda NTB pada tahun 2013 lalu.

Kemudian pada tahun 2015, Moechgiyarto terkena mutasi untuk menjadi Kapolda Jawa Barat. Hingga di tahun 2016, barulah dirinya menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1079 seconds (0.1#10.140)