Hadang Pungli, Polda Metro Jaya Luncurkan Pelayanan BPKB Online

Senin, 13 November 2017 - 12:06 WIB
Hadang Pungli, Polda Metro Jaya Luncurkan Pelayanan BPKB Online
Hadang Pungli, Polda Metro Jaya Luncurkan Pelayanan BPKB Online
A A A
JAKARTA - Ditlantas Polda Metro Jaya meluncurkan program layanan proses pengurusan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) berbasis online (e-BPKB). Layanan digital yang terintegrasi secara sistem ini disebut 'Integrated BPKB System'.

Program e-BPKB diresmikan oleh Wakapolri Komjen Syafruddin di gedung biru Ditlantas Polda Metro Jaya sekaligus menerima penghargaan dari Meseum Rekor Indonesia (MURI) dengan kategori Digitalasasi Penerbitan BPKB Pertama.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, digitalisasi sistem pelayanan BPKB itu bertujuan untuk mempermudah masyarakat sekaligus menghindari praktik pungutan liar (pungli) di kepolisian. Program baru e-BPKB itu dapat diakses di laman bpkb.net yang akan menampilkan sejumlah layanan lainnya di bagian halaman muka.

"Ini mempermudah dan untuk mengurangi antara kontak fisik antara pemohon dengan kepolisian. Intinya untuk pencegahan suatu korupsi di situ," ujar Argo kepada wartawam di Mapolda Metro Jaya, Senin (13/11/2017).

Dalam laman bpkb.net terdapat sejumlah kanal, di antaranya perubahan data kendaraan bermotor dengan dua pilihan yakni daftar baru dan status pendaftaran serta panduan registrasi dan prosedur BPKB.

"Program ini diharapkan bisa bermanfaat untuk masyarakat luas berkaitan dengan e-BPKB ini," tuturnya.

Turut hadir dalam acara peluncuran e-BPKB tersebut yakni Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menpan RB Asman Abnur, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa, Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis, Ketua MURI Jaya Suprana, dan Komedian Cak Lontong.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4765 seconds (0.1#10.140)