Libur1 Muharam, PT KAI DAOP I Operasikan 15 KA Tambahan

Kamis, 21 September 2017 - 06:34 WIB
Libur1 Muharam, PT KAI DAOP I Operasikan 15 KA Tambahan
Libur1 Muharam, PT KAI DAOP I Operasikan 15 KA Tambahan
A A A
JAKARTA - PT KAI Daop 1 Jakarta akan mengoperasikan 15 kereta api (KA) tambahan mengantisipasi meningkatnya jumlah penumpang yang menggunakan moda transportasi KA jelang libur panjang berbarengan dengan libur Tahun Baru Islam 1439 H pada Kamis (21/9/2017).

Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Suprapto menjelaskan, kereta tambahan tersebut terdiri dari 12 KA kelas eksekutif dari Stasiun Gambir, dan tiga KA kelas ekonomi dari Stasiun Pasar Senen.

"Kereta api tersebut akan dioperasikan di antara tanggal 20 sampai dengan 25 September 2017. Sebanyak 15 KA tersebut dioperasikan dengan kota tujuan antara lain; Cirebon (tiga KA), Bandung (enam KA), Surabaya (dua KA), Yogyakarta (dua KA), serta Solo (dua KA)," ujar Suprapto kepada wartawan di Stasiun Cikini pada Rabu, 20 September 2017 kemarin.

Suprapto menambahkan, minat masyarakat yang tinggi akan menggunakan moda transportasi KA ini terlihat dari mulai terjual tiket KA rata-rata di atas 95% di tanggal-tanggal favorit yakni, 20 sampai 22 September 2017.

"Berdasarkan data penjualan tiket sampai pukul 13.00 WIB, KA tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur sudah mengalami peningkatan penjualan," tambahnya. KA keberangkatan dari Stasiun Gambir yang telah mencapai okupansi 100% untuk keberangkatan Rabu (20/9/2017) yaitu KA Argo Anggrek pagi dan malam tujuan Surabaya Pasar Turi, Argo Lawu dan Argo Dwipangga jurusan Solo Balapan.

Selanjutnya, KA Sembrani tujuan Surabaya Pasarturi, KA Bima dan Gajayana tujuan Malang, KA Taksaka Pagi dan Malam tujuan Yogyakarta, KA Purwojaya tujuan Cilacap, serta KA Argo Parahyangan tujuan Bandung. Sedangkan untuk KA keberangkatan Kamis besok KA Argo Anggrek Pagi tujuan Surabaya Pasar Turi, Argo Lawu dan Argo Dwipangga jurusan Solo Balapan, Argo Muria jurusan Semarang Tawang, KA Taksaka Pagi tujuan Yogyakarta.

Kemudian, KA Bangunkarta tujuan Surabaya Gubeng, KA Bima dan KA Gajayana tujuan Malang, KA Argo Parahyangan tujuan Bandung, KA Tegal Ekspres tujuan Tegal, serta KA Cirebon Ekspres tujuan Cirebon pemberangkatan pagi – sore. Sementara KA seperti Argo Parahyangan, Cirebon Ekspress dan Tegal Bahari tujuan Cirebon dan Tegal pemberangkatan malam hari masih tersisa, itupun hanya rata-rata 20-25% saja.

Sementara untuk KA keberangkatan Stasiun Pasar Senen, untuk KA keberangkatan Rabu (20/9) semua KA sudah mencapai 100%."Sedangkan KA untuk keberangkatan hari Kamis, tinggal KA Menoreh tujuan Semarang Tawang yang tersisa tiketnya," ucap Suprapto.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4940 seconds (0.1#10.140)