Pernah Hidup Susah dan Nyaris Gagal Sarjana, Surya Hadipermana Ingin Ringankan Beban Masyarakat

Minggu, 22 Oktober 2023 - 12:19 WIB
loading...
Pernah Hidup Susah dan Nyaris Gagal Sarjana, Surya Hadipermana Ingin Ringankan Beban Masyarakat
Surya Hadipermana, salah satu sosok yang mendapat dorongan kuat dari PKS untuk ikut berpartisipasi dalam kontestasi Pileg 2024. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Surya Hadipermana, salah satu sosok yang mendapat dorongan kuat dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk ikut berpartisipasi dalam kontestasi Pileg 2024. Dia maju di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat VI meliputi Kota Bekasi dan Kota Depok untuk Caleg DPR dan telah terdaftar dalam DPC yang diumumkan KPU.

Sebagai orang yang sejak kecil hingga dewasa menghabiskan waktu di Kota Bekasi, lalu berkarier dan menjadi warga Kota Depok, Surya paham betul dengan lingkungan dan kondisi khususnya masyarakat kedua kota tersebut dan masyarakat Indonesia pada umumnya yang perlu diperjuangkan.

Menurut alumni Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) ini, masih banyak kelompok masyarakat yang untuk memenuhi kebutuhan hidup minimal saja masih sulit. Harusnya kebutuhan minimum yang dibutuhkan setiap orang untuk hidup bisa diperoleh dengan cara ringan.

“Saya ingin melakukan suatu upaya yang bisa dilakukan oleh seorang anggota legislatif bagaimana supaya masyarakat bisa memenuhi kebutuhan minimalnya dengan ringan. Misalnya mendapatkan tempat tinggal saja sangat mahal," ujar Surya, Minggu (22/10/2023).

Seharusnya negara bisa membebaskan tanah yang dibangun untuk kawasan perumahan rakyat sehingga rakyat hanya membayar bangunan saja.

"Cara yang bisa dilakukan adalah negara harus menjadikan pembangunan rumah rakyat sebagai salah satu proyek strategis nasional. Dengan begitu, pemerintah akan membebaskan tanah yang dibangun rumah rakyat sebagai tanah subsidi dengan harga tanah nihil, sehingga rakyat dapat membeli rumah dengan super murah,” ungkap Surya.

Bagi pemilik usaha travel ternama di kawasan Jabodetabek ini, suara atau aspirasi masyarakat kerap dia dengar saat melakukan kegiatan sosial yang rutin di tengah masyarakat. Surya selalu menyisihkan sebagian rezeki yang diperoleh dalam usahanya untuk berbagi kepada sesama terutama anak-anak yatim, janda-janda yang mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Selain usaha transportasi, sebagai layaknya manusia dewasa dalam hal mencari nafkah, pria jebolan SMAN 1 Bekasi ini juga diamanahi sebagai seorang pengusaha di bidang properti di Jabodetabek. Dengan aktivitas kedua bidang usahanya tersebut, dia bergaul menjalani kehidupan dan sangat paham dengan masyarakat khususnya di Kota Bekasi dan Depok.

Pencapaiannya saat ini tak lantas menjauhkan Surya dalam pergaulan di masyarakat. Dalam perjalanan hidupnya dia pernah mengalami kesulitan yang hampir mengandaskan pendidikannya saat menjadi mahasiswa UI.

Dengan kesabaran dan keuletannya akhirnya dia berhasil menyandang gelar sarjana dengan biaya dari hasil menjadi penjaga perpustakaan dan mahasiswa pengawas ujian.

Dengan pengalaman hidupnya tersebut, Surya ingin sekali mewujudkan keinginannya meringankan beban rakyat. Dan perjalanannya menjadi anggota dewan akan menjadi ladang pengabdiannya sebagai warga negara.

“Di dunia politik saya tidak melihat ladang pengabdian itu suatu hal yang bersih atau kotor, karena semuanya akan tergantung dari pribadi dan niat kita. Apa pun yang kita jalani kalau dilakukan dengan salah ya hasilnya akan salah. Namun, sebaliknya kalau dijalankan dengan baik akan baik juga hasilnya bagi masyarakat,” ujar Surya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1188 seconds (0.1#10.140)