Cek Tumpukan Sampah di Bantar Gebang, Ini Saran Stafsus Presiden

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 01:15 WIB
loading...
Cek Tumpukan Sampah di Bantar Gebang, Ini Saran Stafsus Presiden
Staf Khusus Presiden Diaz Hendropriyono mengunjungi TPST Bantar Gebang, Kota Bekasi. Foto/istimewa
A A A
BEKASI - Staf Khusus Presiden Diaz Hendropriyono mengunjungi Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Kota Bekasi. Dalam kunjungannya, Diaz meninjau teknologi pengolahan sampah menjadi bahan bakar alternatif atau Refused Derived Fuel (RDF).

Tiba di TPST Bantar Gebang, Diaz langsung disambut Kepala Satuan Pelaksana Pemrosesan Akhir Sampah Bantar Gebang Setyo Margono. "Jika nantinya pengolahan RDF oleh TPST Bantar Gebang sudah ada hitungan emisinya, bisa dibandingkan dengan emisi jika sampah hanya tertimbun di TPA. Hitungan ini bisa didaftarkan sebagai kredit karbon," ujar Diaz, Kamis (19/10/2023).

TPST yang sudah beroperasi selama 34 tahun dengan tumpukan sampah setinggi 50 meter ini ditargetkan untuk dapat mengelola 2.000 ton sampah setiap harinya menjadi RDF.



Menurut Diaz, Bantar Gebang yang telah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) memiliki kesempatan untuk menerima pendapatan daerah. "Bantar Gebang bisa memperoleh pendapatan dari RDF yang dijual ke pabrik semen. Lalu saat emisi sudah bisa dihitung, bisa dikreditkan. Jadi prestasi dari pengelolaan sampah," ucap Diaz.

Sementara itu, Setyo menyatakan akan mendiskusikan saran agar TPST Bantar Gebang mulai menghitung pengurangan emisi yang dilakukan.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0877 seconds (0.1#10.140)