Ada Lebaran Betawi, DKI Akan Rekayasa Lalin di Setu Babakan

Selasa, 25 Juli 2017 - 18:52 WIB
Ada Lebaran Betawi, DKI Akan Rekayasa Lalin di Setu Babakan
Ada Lebaran Betawi, DKI Akan Rekayasa Lalin di Setu Babakan
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta akan merekayasa lalu lintas di sekitar Setu Babakan, Jakarta Selatan, pada 28 hingga 30 Juli 2017 mendatang. Pasalnya di wilayah tersebut akan digelar Lebaran Betawi 2017.

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah mengatakan, pada Jumat 28 Juli hingga Minggu, 30 Juli 2017 mendatang, Pemprov DKI bersama Badan Musyawarah (Bamus) Betawi menyelenggarakan Lebaran Betawi di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, yang sebelumnya kerap dilakukan di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

"Untuk itu, pada Lebaran Betawi kali ini akan diberlakukan rekayasa lalu lintas sistem satu arah dan menyediakan 10 unit bus Transjakarta mulai pukul 06.00-18.00 WIB," kata Saefullah di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (25/7/2017).

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah mengungkapkan, rekayasa lalu lintas dengan sistem satu arah hanya diberlakukan di Jalan Mohamad Kahfi II lantaran jalan tersebut merupakan pintu masuk utama dari total delapan pintu masuk yang disediakan menuju acara Lebaran Betawi.

Sistem satu arah tersebut, lanjut Andri, berlaku pada hari kedua acara dan hari ketiga (28 dan 29 Juli). Di mulai pukul 06.00-18.00 WIB setiap harinya. "Sistem satu arah diberlakukan mulai dari simpang Jeruk sampai dengan simpang Warung Sila," ungkapnya.

Dengan sistem satu arah, hanya kendaraan dari arah pinggir Jalan Lenteng Agung Raya (simpang Jeruk) yang boleh menggunakan Jalan Mohamad Kahfi II menuju Setu Babakan. Sedangkan kendaraan dari arah dalam dibelokkan ke ruas-ruas jalan sebelum simpang Warung Sila.

"Kami akan memasang penunjuk arah terkait perubahan arus lalu lintas (Lalin)," ujarnya. Selain itu, Andri juga menyiapkan lahan parkir yang dibagi beberapa area.

Untuk parkir VIP pada area Setu Babakan menampung sebanyak 50 unit kendaraan, Islamic Center menampung 20 kendaran, Zona C Setu Bababkan menampung 200 kendaraan, lapangan sepak bola Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) menampung sekitar 300 kendaraan dan Al-bainah menampung 100 kendaraan.

"Masing-masing kantong parkir tersebut akan disediakan shutlle bus menuju lokasi setu babakan dengan menggunakan bus sekolah," jelasnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4499 seconds (0.1#10.140)