Peringati Hari Batik, K2BaBe Gelar Mencanting 1.000 Anak

Senin, 02 Oktober 2023 - 11:58 WIB
loading...
Peringati Hari Batik, K2BaBe Gelar Mencanting 1.000 Anak
Memperingati Hari Batik yang dirayakan setiap tanggal 2 Oktober, Koperasi Konsumen Batik Betawi (K2BaBe) menggelar acara Festival Batik 2023 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, dari tanggal 30 September hingga 2 Oktober 2023.
A A A
JAKARTA - Memperingati Hari Batik yang dirayakan setiap tanggal 2 Oktober, Koperasi Konsumen Batik Betawi (K2BaBe) menggelar acara Festival Batik 2023 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, dari tanggal 30 September hingga 2 Oktober 2023.

Puncak dari rangkaian acara ini, tepat pada tanggal 2 Oktober diadakan acara Mencanting Bersama 1.000 Anak SD se-Jakarta di Lapangan Banteng.

Acara ini diikuti oleh 1.000 anak SD, khususnya siswa kelas V SD yang dikoordinir oleh Diknas Pendidikan DKI Jakarta. Masing-masing wilayah kotamadya mengirimkan 200 siswa dan masing-masing sekolah mengirimkan lima orang siswanya.

Acara Mencanting Bersama 1.000 Anak SD ini dibuka oleh Rulli Nuryanto, Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Makro, Kementerian Koperasi dan UKM. Dalam kata sambutannya, Rulli Nuryanto menggatakan sangat mengapresiasi acara Mencanting ini dan berharap anal-anak yang masih usia pelajar ini bisa lebih mengenal proses pembuatan batik.

“Menjadi kewajiban bagi kita semua untuk melestarikan batik ini agar semakin berjaya bulan hanya di Indonesia tapi juga di luar negeri. Acara ini bagus, ini merupakan upaya mengenalkan batik sehingga bisa lebih mencintai batik Indonesia,” ujar Rulli.

Lebih lanjut Rulli berharap nantinya jangan berhenti di festival saja, tapi juga bisa dikembangkan di sekolah-sekolah. Bukan hanya dalam bentuk pelajaran tapi juga secara reguler misal menjadi kegiatan ekstrakurikuler.

Sementara itu Sugiyanto, ketua panita sekaligus ketua Koperasi Konsumen Batik Betawi menggatakan, kegiatan ini sudah diadakan ditingkat Kota Madya Jakarta Timur. “Untuk hari ini menyertakan jenjang anak didik kelas V dari wilayah DKI Jakarta. Tujuannya untuk mengenalkan batik lebih dalam lagi melalui proses mencanting,” ujar Sugiyanto.

Beberapa hasil mencanting anak-anak dilelang yang hasilnya untuk Laskar Afresis Berbagi.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2038 seconds (0.1#10.140)