alexa snippet

DKI Gelar Peringatan Harkitnas dengan Malam 1.000 Cahaya di Makam Mbah Priok

DKI Gelar Peringatan Harkitnas dengan Malam 1.000 Cahaya di Makam Mbah Priok
Plt Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.Foto/SINDOphoto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta akan menggelar peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) pada 20 Mei 2017 besok. Peringatan Harkitnas ini terpusat di kawasan Waduk Pluit itu, akan ditutup dengan acara doa lintas agama bertajuk "Malam 1.000 Cahaya" di Makam Mbah Priuk, Jakarta Utara.

Plt Gubernur DKI Jakarta Djarot Saeful Hidayat mengatakan, untuk memperingati Harkitnas 2017, pihaknya akan menggelar upacara terlebih dahulu di Monumen Nasional (Monas) yang melibatkan seluruh pegawai Pemprov termasuk beberapa komponen masyarakat.  Kemudian, acara dilanjutkan dengan pagelaran seni budaya di Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara dan ditutup dengan doa lintas agama di makam Mbah Priok, Jakarta Utara yang sudah menjadi cagar budaya dan segera dibangun.

Namun, Djarot membantah bahwa doa lintas agama yang dilakukan dengan pencahyaan 1.000 lilin sebagai dukungan terhadap mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki tjahaja Purnama (Ahok) yang sedang mendekam di tahanan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok akibat kasus penistaan agama.

"Lilin itu antusiasme dari warga untuk menerangi, memberikan cahaya. Supaya kita diberikan cahaya dan kita bersatu. Makanya saya minta jangan lah kita selalu berpikiran negatif. Kita ingin menyatukan semuanya, semua lintas agama akan berdoa di makam mbah priok," kata Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (19/5/2017).

Djarot menjelaskan, proses kebangkitan nasional itu dimulai pada 1908 yang menumbuhkan kesadaran warga atas nasionalisme persatuan Indonesia. Kemudian, kebangkitan tersebut dilanjutkan dengan sumpah pemuda pada 1928 yang menyatakan bahwa semua itu berbangsa satu, bertanah air satu.

"Temanya Indonesia bangkit. Ini menyangkut semuanya, untuk menyadarkan kita bahwa melalui seni budaya bisa membangkitkan dan menyatukan kita semuanya baru setelah itu doa lintas agama," ujarnya.

Asisten Sekretaris Daerah DKI Jakarta bidang Pemerintahan, Bambang Sugiyono mengatakan pada upacara di Monas itu sebanyak 10.000 orang mulai dari PNS lingkungan Pemprov DKI, pasukan kuning, hijau, biru, ungu, dan oranye dibawah pimpinan upacara PLT Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.

Setelah upacara, puncak peringatan akan dipusatkan di Waduk Pluit, Jakarta Utara. Pasar murah atau bazar dimulai sejak pukul 07.00. Sekitar pukul 13.00-17.00 WIB akan digelar konser musik yang diikuti musisi-musisi papan atas,” jelas Bambang.
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top