Kebakaran Museum Nasional Sudah Padam Total, Korban Nihil

Minggu, 17 September 2023 - 01:18 WIB
loading...
Kebakaran Museum Nasional Sudah Padam Total, Korban Nihil
Kebakaran Museum Nasional atau Museum Gajah di Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, sudah berhasil dipadamkan seluruhnya. Tidak ada korban jiwa. Foto: MPI/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Kebakaran Museum Nasional atau Museum Gajah di Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, sudah berhasil dipadamkan seluruhnya. Tidak ada korban jiawa dalam peristiwa ini.

"Waktu selesai operasi pemadaman pukul 00.15 WIB," ujar Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta Satriadi Gunawan saat dikonfirmasi Minggu (17/9/2023) dini hari.

Museum Nasional terbakar Sabtu (16/9/2023) malam sekitar pukul 20.00 WIB. Dari video yang diperoleh, tampak api membubung tinggi dan suasana mencekam.



Satriadi menyebutkan, kobaran api dapat dilokalisir sekitar pukul 20.40 WIB, dan waktu pendinginan pukul 21.37 WIB. Areal yang terbakar yakni Gedung A yang merupakan tempat menyimpan dan pameran barang prasejarah. Luas areal bangunan yang terbakar mencapai 600 meter persegi.

"Untuk detail barang di dalamnya belum bisa kita pastikan. Tapi yang pasti benda bersejarah," kata dia.

Satriadi memastikan tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran di Gedung Museum Nasional itu. Senada juga dipastikan Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin.

"Tidak ada korban jiwa," kata Komarudin.



Meski demikian, terdapat satu orang petugas damkar yang mengalami sesak napas. Petugas yang belum diketahui identitasnya itu tumbang diduga karena tidak kuat menghirup asap di dalam museum saat berupaya memadamkan api.

"Petugas damkar yang terlibat lemas sudah dievakuasi. Tidak ada korban jiwa. Hanya sesak napas," tegas Komaruddin.

Menurut Komarudinn, akibat kebakaran tersebut kondisi Gedung A luluh lantah. Sejumlah material roboh dan rusak. Di Gedung A terdapat empat ruangan dan semuanya terbakar.

"Kondisi keempatnya memang roboh kalau kita lihat dari material yang cukup mudah terbakar. Roboh setelah terbakar," katanya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1041 seconds (0.1#10.140)